March 1, 2014

Terima kasih Cindy Gulla

Cindy Gulla ©JKT48 Project

Akhirnya JKT48 Operation Team telah mengumumkan secara resmi bahwa Cindy Christina Gulla telah keluar dari JKT48 per tanggal 16 Februari 2014.

Waktu saya dikasih tau temen bahwa pada show tanggal 7 Februari 2014 Cindy mengumumkan kelulusannya, perasaan saya langsung campur aduk. Jadi ternyata begini ya rasanya saat oshimen kita keluar dari grupnya... Apalagi setelah tahu bahwa dia dikeluarkan dengan tidak hormat karena telah melakukan tindakan yang tidak sesuai sebagai member.


Sejak pertama kali JKT48 diumumkan, saya yang dari dulu udah ngefans AKB48 pun skeptis dengan pembentukan sister group 48 pertama di luar Jepang ini. Waktu awal pembentukannya, beda dengan kakak-kakaknya disana, JKT48 belum punya teater sendiri. Mereka cuma bisa manggung di lapangan parkir sebagai bagian dari acara-acara musik di TV. Dari berbagai penampilan JKT48, saya memilih Ghaida sebagai oshimen pertama saya, sebenernya sih alasannya cuma gara-gara dia ganteng dan mengingatkan saya kepada 菊地真 (Makoto Kikuchi) dari THE IDOLM@STER, hahaha...

Pertama kali saya lihat langsung JKT48 manggung yaitu waktu konser kolaborasi AKB48×JKT48 di acara Japan Pop Culture Festival, tanggal 25 Februari 2012 di Balai Kartini. Walaupun AKB48 gak membawa member senbatsunya selain Takamina, kualitas JKT48 di konser ini bener-bener kebanting banget sama AKB48.

Kemudian JKT48 membuat variety show berjudul JKT48 School yang merupakan versi JKT48 dari 週刊AKB (Shuukan Eikeibii). Menurut saya acara ini bagus banget karena selain menghibur juga ada unsur edukatifnya, cuma karena penampilan mereka blom bisa diliat langsung di teater, tetep susah untuk bisa lebih terikat ke mereka. Tapi mulai dari sini lah saya kenal dengan member bernama Cindy Gulla, karena ada video teaser dimana Ghaida ngebully Cindy, haha it was super lame! XD

Video yang membuat saya kenal Cindy Gulla

Another 'WTF is this?!' JKT48 School teaser video featuring Cindy & Kinal

Mei 2012, JKT48 akhirnya menyelenggarakan show teater pertama mereka "Pajama Drive" yang merupakan terjemahan dari stage B3. Waktu itu teaternya sementara masih berlokasi di Gedung Nyi Ageng Serang. Saya dapet nonton show tanggal 18 Mei 2012 jam 19:00, bertepatan dengan 生誕祭 (seitansai, perayaan ulang tahun) Sonya. Dulu JKT48 belum begitu terkenal, penonton teater masih belum seramai sekarang, jumlah penontonnya dulu cuma 100-an orang dan sebagian besar juga merupakan fans-fans yang sebelumnya udah kenal AKB48. Pokoknya setiap saya lihat lagi video teater pertama mereka, saya betul-betul sangat BANGGA sekarang JKT48 udah sangat jauh berkembang :')


Walaupun member terbaik dalam show tersebut adalah Sonya, si bintang yang sedang berulang tahun, tapi mulai saat itu saya juga menyadari kalo saya kepincut sama Cindy. Pembawaannya sangat ceria, dia sangat menarik mata saya mulai dari awal sampai ke akhir show. Menurut saya dia juga jauh lebih bagus dibandingkan Frieska, center Tenshi no Shippo waktu itu. 自己紹介 (jikoshoukai, perkenalan) Cindy pun sangat enerjik, "Yang di sebelah kiri suaranya mana? Yang di sebelah kanan mana? Oi Oi Oi Oi Oi~! Seperti gula, aku akan menceriakan harimu, namaku Cindy Gulla!" Saya bakalan kangen banget suara itu... :(



Tanpa sadar, pada hari itu Cindy sudah jadi oshimen saya. Di setiap event mulai dari handshake single pertama, tandatangan JKT48 Official Guide Book, foto 2-shot, saya selalu memilih Cindy sebagai member yang ingin saya temui. Saya jadi inget show J1 tanggal 19 November 2013, dimana Cindy terlambat datang dan posisinya digantikan Vanka di awal show sampai dengan MC. Waktu ツンデレ! (Tsundere!) diputar dan ternyata ada Cindy disitu, rasanya lega banget deh, hahaha...

Jadi, akhirnya saya merasakan juga perasaan seorang fans yang oshimennya memutuskan graduate/resign. Saya jadi ngerti kenapa penonton seisi さいたまスーパーアリーナ (Saitama Super Arena) meraung-raung saat 前田敦子 (Atsuko Maeda) mengumumkan kelulusannya. Sedih? Itu sudah pasti... Tapi bagaimanapun, mereka sudah dewasa dan sudah bisa memutuskan jalan hidup mereka sendiri, kita sebagai fans hanya bisa berharap yang terbaik dan terus mendukung mereka. JKT48 dan juga semua grup 48 hanyalah sebuah 'sekolah', disitu mereka belajar banyak untuk mendapatkan skill agar nantinya mereka kelak bisa lebih sukses. Semua orang juga gak mau menjadi murid sekolah selamanya, bukan? :)

Tapi sayangnya, keluarnya Cindy dari JKT48 ternodai karena dia telah bermain sinetron dengan rumah produksi lain sebelum dia resmi menyelesaikan kegiatannya di JKT48. Sebenernya saya udah menyangka hal ini terjadi karena Cindy langsung menghapus nama "JKT48" dari username twitter nya setelah dia mengumumkan kelulusannya di teater. Saya udah mikir pasti ada yang gak beres, apalagi sejak statusnya 'digantung' oleh JOT selama 1 minggu-an. Walaupun saya udah bisa nebak akhir terburuk ini, tetep aja perasaan saya hancur waktu mengetahui hal ini.

Jadi, apa yang akan kamu lakukan sekarang, Wibo?


Sebelumnya saya mau mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Cindy, karena Cindy telah membuat hidup saya jadi lebih ceria selama 2 tahun lebih dia menjadi member JKT48. Selama ini saya kenal Cindy rasanya seneng banget, tiap kali ngobrol ada aja topik yang menarik untuk diomongin. Beneran saya udah anggap seorang Cindy Gulla seperti adik saya sendiri...

Tapi, Cindy yang sekarang udah bukan Cindy yang dulu lagi. Saya inget banget di video profil Cindy waktu JKT48 baru terbentuk, dia bilang bahwa dia JKT48 adalah tempat para member belajar, yang salah satunya adalah belajar disiplin. Apakah ini yang disebut disiplin, bekerja dengan manajemen lain sebelum kontrak selesai? Selain itu, Cindy orangnya juga pintar, dia pasti tahu bahwa sampai saat ini belum ada lulusan JKT48 yang karirnya lebih sukses dibandingkan sewaktu mereka masih di JKT48. Apalagi cuma bermain sinetron stripping, tapi emang sih uangnya pasti lebih banyak...

Mungkin salah satu alasan mengapa Cindy memutuskan keluar dari JKT48 yaitu karena dia dianggap tidak sebaik member-member lainnya. Iya betul, Cindy memang gak pernah masuk sebagai member senbatsu, tapi itu bukan berarti bahwa dia tidak dianggap. Di J2 Cindy dimasukkan ke dalam unit song Bird, yang berarti otomatis dia juga merupakan 8 orang member yang masuk unit song 制服が邪魔をする (Seifuku ga Jama wo Suru). Menurut saya itu udah jadi bukti bahwa seorang Cindy Gulla kemampuannya sangat diperhitungkan di JKT48. Selain itu, Cindy juga terpilih sebagai senbatsu kalender 2014, bisa ikut mempromosikan 北海道 (Hokkaidou) dan 沖縄 (Okinawa), bahkan seorang diri lho pergi ke Okinawa. Blom pernah masuk senbatsu single aja udah sering dijadiin 'duta' JKT48 di Jepang, apalagi kalo masuk senbatsu kan? Saya pikir Cindy itu adalah member yang paling beruntung.

Jadi, kenapa dia bisa tega 'mengkhianati' JKT48 yang sudah banyak memberikan banyak banget pengalaman berharga tersebut?! Akibat dari kejadian ini, semua pihak merugi... Bagaimana perasaan Rena saat dia mengetahui sahabat sejatinya ini memutuskan keluar dari JKT48. Bagaimana perasaan para fans-fans, manajemen, dan juga sesama member setelah tau bahwa idolnya mem-backstab grup yang telah membesarkan namanya. Bahkan fans-fans Jepang benar-benar kecewa terhadap sikap Cindy yang udah dijadikan duta pariwisata Hokkaido dan Okinawa... Mudah-mudahan kejadian ini adalah kejadian terakhir, jangan ada lagi kejadian memilukan seperti ini. JOT harus belajar dan menjadikan kasus ini sebagai pengalaman berharga.

Mohon maaf, saya ingin sekali terus mendukung Cindy sampai akhir, tetapi saya tidak bisa. Seperti yang saya bilang sebelumnya, Cindy Gulla yang sekarang bukan yang dulu lagi. Cindy yang saya tahu bercita-cita menjadi dokter, bukannya malah main di sinetron stripping. Jadi, mulai sekarang saya memutuskan untuk berhenti mendukung Cindy ;_;

Walaupun saya sangat kaget dan sedih atas kejadian ini, saya tetap akan terus mendukung JKT48. Saya bangga banget dengan semua member JKT48. Saya selalu memantau JKT48 dari awal pembentukan sampai sekarang, dan perkembangan JKT48 itu LUAR BIASA! Beneran deh, tiap kali nonton kalian di teater/konser, saya selalu merinding. Saya selalu berdoa agar kalian semua bisa mencapai cita-cita kalian setelah keluar dari JKT48. 頑張って! :')

Sekali lagi, terima kasih banyak Cindy Gulla karena telah membuat banyak kenangan indah pada hidup saya saat kamu menjadi member JKT48 ^_^

さようなら、僕の妹ちゃん!

No comments:

Post a Comment