September 21, 2011

JKT48, serius nih?!

Logo JKT48

Pertama kali saya tau tentang JKT48 kira-kira bulan kemarin, yang langsung saya pikir adalah “apaaaaa?!” Yang bener aja, JKT48 ini mengaku sebagai ‘adik’nya AKB48, grup idol yang sekarang lagi super terkenal di Jepang. Saya gak langsung percaya sebelum ada keterangan resmi dari pihak AKB48 di Jepang.

Dan ternyata, pada tanggal 11 September 2011, bersamaan dengan handshake event AKB48 untuk promosi single terbaru mereka, フライングゲット (Flying Get), mereka mengumumkan bahwa JKT48 adalah grup resmi yang satu manajemen dengan AKB48.

Okay, after I saw that news, I was really, really, shocked... o_O

Mungkin bagi orang-orang yang gak ngikutin perkembangan berita J-pop bakalan biasa aja sama berita ini. Tapi buat saya ini luar biasa! Seneng banget karena kita dapet kesempatan menjadi negara pertama yang bisa bikin grup 48 resmi dari pembuat AKB48, 秋元康 (Yasushi Akimoto)... Saya coba jelasin deh apa dan siapa itu AKB48 buat yang blom tau...


Sang kakak: AKB48

Foto promosi AKB48 untuk single 桜の木になろう (Sakura no Ki ni Narou)
©KING RECORDS

AKB48 (Eekeebii Footieito) adalah grup idol bentukan 秋元康 (Yasushi Akimoto). Akimoto membuat grup idol ini pada tahun 2005 dengan cara mengadakan audisi, dan akhirnya terpilih 48 orang perempuan anggota grup ini.

Yang membedakan grup idol ini dengan grup idol lainnya di Jepang adalah mereka punya teater sendiri. AKB48 adalah grup idol dengan konsep 会いに行けるアイドル (ai ni ikeru aidoru, idola yang bisa kamu temui). AKB48 setiap hari melakukan pertunjukan di teater mereka yang terletak di daerah 秋葉原 (Akihabara) di 東京都 (Toukyouto, kota Tokyo). Sampai sekarang, mereka masih mengadakan pertunjukan setiap hari di teaternya. Nama AKB48 berasal dari singkatan Akihabara dan anggotanya yang berjumlah 48 orang.

Awalnya, AKB48 gak terlalu dikenal. Tapi dengan makin seringnya mereka muncul sebagai aktris film, bintang iklan, penyanyi, dan performer baik sebagai individu ataupun kelompok di berbagai media, mereka makin dikenal. Udah gak terhitung jumlah film dan iklan yang dibintangi anggota-anggota AKB48.

Di dunia musik, mereka berhasil memecahkan rekor penjualan single mingguan Oricon yang sudah 15 tahun dipegang oleh Mr.Children dengan single 名もなき詩 (Na mo Naki Uta). Rekor penjualan 名もなき詩 (Na mo Naki Uta) yaitu 1,2 juta kopi dalam 1 minggu berhasil dikalahkan oleh single Everyday、カチューシャ (Everyday, Kachuusha) milik mereka dengan penjualan 1,33 juta kopi dalam 1 minggu. 3 bulan berikutnya, mereka kembali mengalahkan rekor tersebut dengan singleフライングゲット (Flying Get) yang terjual 1,35 juta kopi dalam 1 minggu. Single ini juga terjual 1,02 juta kopi pada hari pertamanya, membuat rekor baru sebagai single pertama yang terjual lebih dari 1 juta kopi di hari pertama. Pokoknya sejak single RIVER dirilis, AKB48 sampai sekarang gak terkalahkan sama sekali di chart Oricon...

Karena kesuksesan mereka, Akimoto kemudian membuat grup 48 untuk daerah lain, seperti SKE48 yang teaternya berbasis di (Sakae), 名古屋市 (Nagoyashi, kota Nagoya) atau NMB48 yang teaternya berbasis di 難波 (Nanba), 大阪市 (Oosakashi, kota Osaka).

Billboard raksasa untuk mempromosikan DVD AKBがいっぱい (AKB ga Ippai) dipasang di pusat kawasan perbelanjaan 心斎橋筋商店街 (Shinsaibashisuji Shoutengai) di 大阪市 (Osaka). Foto saya ambil pada tanggal 2011.06.29.

Saat ini, AKB48 dan seluruh subgrup dan juga personilnya SANGAT terkenal di Jepang. Wajah mereka dapat dengan mudah ditemui di seluruh media, begitu juga dengan lagu-lagu mereka yang sering banget diputer di TV/radio, bahkan di toko atau pusat perbelanjaan. Gak berlebihan kok penjelasannya, saya udah liat sendiri pas ke Jepang betapa terkenalnya mereka... :D

Sang adik: JKT48

Pertanyaan besar dari saya mengenai JKT48 adalah "kenapa disini?" Kalo pun emang mau 'melebarkan sayap' grup 48 ke negara lain, kenapa harus Indonesia yang dipilih sebagai negara pertama? Ada 3 alesan yang menurut saya sangat gak menguntungkan bagi sebuah grup idol untuk dibuat disini.

Pertama, orang-orang Indonesia gak mengenal AKB48. Yup, walaupun AKB48 super terkenal di Jepang, tapi disini yang tahu keberadaan AKB48 cuma orang-orang yang 'freak' musik Jepang. Bahkan pendengar tipikal musik Jepang disini (yang taunya cuma L'Arc~en~Ciel dan lagu-lagu theme song dari anime) saya yakin gak tau tentang AKB48. Sebuah resiko yang besar banget menurut saya buat bikin grup 48 disini, yang sebagian besar masyarakat gak mengetahuinya...

Kedua, grup 48 terkenal karena penampilannya (baca: kawaii). Gak jarang mereka harus berpenampilan seksi dan pake bikini biar para fansnya, apalagi fans cowok kayak saya langsung teriak "kyaaaaa!" Saya bener-bener gak bisa bayangin apa jadinya kalo JKT48 mesti berpenampilan seksi disini. Siap-siap aja deh ormas-ormas yang suka mengatasnamakan agama datang mendemo. Mending cuma didemo, kalo langsung diancurin kantornya gimana? :(


Foto promosi AKB48 untuk single ポニーテールとシュシュ (Ponytail to Shushu). Hmm, mungkinkah JKT48 berbusana seperti ini? :|
©KING RECORDS

Ketiga, disini sekarang lagi marak-maraknya boyband dan sejenisnya setelah kesuksesan SM*SH. Tau lah namanya Indonesia, semua yang lagi ngetren pasti langsung ditiru abis-abisan, dan gak perlu nunggu lama langsung muncul berbagai macam boyband/girlband. Akibatnya, masyarakat jadi antipati karena kebanyakan pasti gak bermutu. Kalo JKT48 yang notabene juga merupakan 'girlband' masuk, entah deh bakal dicap apa sama masyarakat, apalagi kayak yang pertama saya bilang, masyarakat gak tau tentang grup aslinya di Jepang.

Jujur, saya gak bisa ngebayangin sama sekali JKT48 jadinya bakalan kayak gimana. Beneran deh saya penasaran banget sama hasil akhir dan kualitas JKT48, apakah akan sukses besar kayak di Jepang atau cuma sekedar penyemarak dunia hiburan Indonesia?

Tapi yang pasti, saya mendukung penuh JKT48. Kalo sukses, berarti bisa meningkatkan kualitas hiburan di negara ini yang udah berada di level sampah (PS: ini pendapat saya, terserah saya mau bilang apa, menurut saya hiburan disini 99% gak bermutu). Selain itu, dengan adanya JKT48 berarti kemungkinan para cewek-cewek grup 48 dateng kesini akan semakin besar. Kyaaaaaa! Gak cuma itu, mungkin artis-artis Jepang lainnya juga bisa nyusul pada bikin konser disini... Amiiiinn... Ya ampun, saya baru mikirin aja udah gembira banget ^_^ *teriak JE-KE-TIIII FORTY-EIGHT pake intonasi di intro lagu RIVER*

No comments:

Post a Comment