February 1, 2014

Top 5 anime tahun 2013 versi Wibo

Mumpung masih di awal tahun, saya mau sekalian ngucapin selamat tahun baru 2014! Semoga keinginan kita bisa tercapai ya di tahun ini... ^_^ Tapi kalo ngeliat ke belakang, masih banyak banget hal-hal yang belum berhasil saya capai. Buat saya, pencapaian terbaik saya tahun lalu adalah bisa pergi ke Jepang dengan perencanaan dan uang sendiri (perencanaannya oleh 4 orang sih sebenernya, hehe), dan juga berhasil dapat tempat kerja baru dengan pendapatan yang juga lebih tinggi. Sayangnya, kenaikan pendapatan berbanding terbalik dengan jumlah waktu luang, jadi saya harus mengorbankan sebagian hobi saya, termasuk juga saya belum berhasil selesaiin laporan perjalanan saya waktu ke Jepang, gomen~ :(

Ngomongin soal hobi, pasti udah pada tau kan ya kalo saya seorang otaku. Tapi kalo otaku itu biasanya cuma mendalami salah satu topik yang dia paling suka, saya beda karena saya fokus ke 4 topik, haha sadis ya... Menurut saya sih keempatnya sama penting yaitu sebagai game otaku (video game), train otaku (gak cuma kereta, tapi juga semua moda transportasi umum), idol otaku (termasuk J-pop dan musik Jepang secara keseluruhan), dan anime otaku (anime dan manga).

Tapi untuk tahun lalu, persentase otaku saya sangat condong ke anime dibanding ketiga lainnya. Paling turun drastis adalah train otaku. Saya sebenernya masih seneng sih perhatiin transportasi umum, tapi sejak kejadian 2 tahun lalu yang bikin harapan saya hancur, saya memutuskan berhenti dari segala kegiatan yang berhubungan dengan traja, jadi sekarang saya cuma mantau dari jauh. Walaupun begitu, saya tetap berusaha untuk tetap update peta rute BRT (dan juga rute jaringan rel kalau nanti MRT/Monorel udah selesai dibangun), dan saya pun juga masih ngurus twitter IBW.

Berikutnya adalah game, dengan kesibukan kerja pergi pagi pulang malem, waktu saya untuk main game di rumah (PC) otomatis berkurang banget. Untungnya ada 3DS, jadi saya bisa nyempatin diri main game sebelum tidur atau di sela-sela kegiatan :D

Untuk persentase otaku yang naik tahun ini adalah idol. Bisa dilihat lah ya dari post-post terakhir saya di blog ini yang selalu update review setlist JKT48. Selain itu, musik juga gampang banget didengar kapanpun, tinggal copy ke HP, trus dengerin deh di perjalanan :D

Tapi untuk tahun ini saya lebih condong sebagai anime otaku. Tahun 2013 kemarin, saya berhasil nonton lebih dari 20 judul anime, padahal biasanya cuma dapet 5-6 judul anime per tahun. Saya juga rada bingung, kenapa ya saya bisa nonton anime banyak banget? Mungkin karena gampang ya, tinggal setel lalu nonton pasif deh, gak perlu aktif kayak game. Kalo dibuat perbandingannya, tingkat otaku anime : idol : game : train saya untuk tahun 2013 yaitu 45% : 30% : 20% : 5%.

Oleh karena itu, saya mau bikin ranking top 5 anime tahun 2013 versi saya. Terserah kalian mau bilang apa, ini pendapat saya. Kalo gak setuju itu wajar, pendapat orang kan berbeda, silakan kalian bikin ranking anime masing-masing :)

Oh iya, anime yang bisa masuk kedalam ranking ini adalah anime yang penayangannya berakhir pada tahun 2013. Jadi anime yang dimulai tahun 2012 atau sebelumnya tapi berakhir di 2013 bisa masuk, tapi anime yang dimulai tahun 2013 tapi masih tayang sampai 2014 gak bisa masuk... Oke, sebelum masuk ke rankingnya, terlebih dahulu saya mau kasih tau karakter anime terbaik tahun 2013 versi Wibo:

Karakter anime terbaik 2013: 黒木智子 (Tomoko Kuroki), dari 私がモテないのはどう考えてもお前らが悪い! (Watashi ga Motenai no wa Dou Kangaete mo Omaera ga Warui!)


Sulit banget untuk tonton Watamote tanpa merasa malu, jijik, dan kasihan pada tokoh utamanya, Tomoko Kuroki... Tomoko adalah separah-parahnya fujoshi, dan kelakuannya di anime ini benar-benar mengingatkan kepada sifat para otaku. Mulai dari kecanggungannya saat bersosialisasi dengan orang lain, berbagai khayalan yang dia pikirkan, kegiatannya sehari-hari yang dihabiskan di dalam rumah untuk main game/nonton anime, pokoknya mencerminkan otaku banget deh. Itulah yang bikin anime ini susah ditonton. Walaupun anime ini adalah anime komedi, tapi susah bagi kita untuk bisa tertawa karena memang itulah kebenarannya, sama aja dengan kita menertawakan diri kita sendiri. Karena Tomoko telah berhasil membuat saya melakukan facepalm, geleng-geleng kepala, dsb sepanjang 12 episode anime ini, menurut saya dia adalah karakter anime terbaik 2013. Err, selamat?

Selanjutnya kita masuk ke top 5 anime terbaik 2013 menurut saya:

5. 銀の匙 Silver Spoon (Gin no Saji: Shirubaa Supuun)

Sutradara: 伊藤智彦 (Tomohiko Itou)
Studio animasi: A-1 Pictures
Tanggal penayangan original: 2013.07.11 - 2013.09.19 (Q3 2013)

Saya adalah seorang pecinta binatang. Saya gak berani liat binatang kurban disembelih, tapi gak masalah kalo nonton film live-action atau video dimana manusia disiksa, haha... Jadi waktu saya denger ada anime slice-of-life dengan setting peternakan, saya gak pikir panjang lagi nonton ini.

Anime Gin no Saji ini merupakan adaptasi dari manga berjudul sama yang dibuat oleh 荒川弘 (Hiromu Arakawa), yang juga merupakan mangaka dari 鋼の錬金術師 (Hagane no Renkinjutsushi) atau lebih dikenal dengan judul baratnya, Fullmetal Alchemist. Anime ini menceritakan keseharian seorang murid kelas 10 di 大蝦夷農業高等学校 (Ooezo Nougyou Koukou Gakkou, SMK Pertanian Ooezo) bernama 八軒勇吾 (Yuugo Hachiken). Hachiken merupakan murid yang pintar sewaktu dia SMP di 札幌市 (Sapporoshi, Kota Sapporo) tetapi dia memutuskan untuk melanjutkan sekolahnya di Ezonou yang berlokasi jauh dari Sapporo.

Kepintaran akademis Hachiken ternyata tidak membuat dia dapat dengan mudah menjalani sekolahnya di Ezonou. Hampir seluruh teman-temannya di Ezonou merupakan anak-anak yang sudah memiliki bakat di bidang pertanian, sedangkan Hachiken sama sekali gak berminat menekuni bidang pertanian.

Walaupun ceritanya kelihatan biasa aja, tapi anime ini bagus banget. Kegiatan Hachiken di Ezonou dipresentasikan dengan sangat menarik dan gak membosankan. Contohnya sewaktu Hachiken melakukan praktikum pertamanya, dia diajari cara mengolah ayam mulai dari pemotongan ayam, pengambilan telur (yang keluar dari pantat ayam, haha), sampai ke pengemasannya. Karakter-karakter yang ada di anime ini juga digambarkan dengan sangat baik, gak cuma manusianya, tapi juga binatang-binatangnya seperti 豚丼 (Butadon) si babi, atau マロン (Malon) si kuda. Saya yang emang suka banget binatang dan biologi pun gak nyangka anime ini bisa semenarik ini. Aah, betapa membosankannya kehidupan sekolah dan kuliah saya setelah nonton ini :(

4. 俺の脳内選択肢が、学園ラブコメを全力で邪魔している (Ore no Nounai Sentakushi ga, Gakuen Rabukome wo Zenryoku de Jama Shiteiru)

Sutradara: 稲垣隆行 (Takayuki Inagaki)
Studio animasi: ディオメディア (diomedéa)
Tanggal penayangan original: 2013.10.09 - 2013.12.11 (Q4 2013)

Bayangkan anime harem yang isinya dipenuhi cewek-cewek dengan waifu material, ditambah dengan cerita yang super konyol tapi kocak.

Judul anime yang sangat panjang ini (selanjutnya disingkat sebagai Noukome) artinya "Pilihan di dalam pikiranku ini benar-benar mengganggu komedi cinta sekolahku". Ceritanya adalah 甘草奏 (Kanade Amakusa), seorang anak SMA standar yang punya suatu kelainan. Pernah main visual novel kan, dimana kita akan selalu dihadapkan dengan (biasanya) dua pilihan yang akan mempengaruhi jalan cerita game. Nah, Kanade ini punya kelainan dimana di suatu saat dalam kesehariannya akan muncul dua pilihan di dalam otaknya. Masalahnya, pilihan-pilihan yang muncul itu biasanya sangat konyol, tapi dia harus memilih salah satunya. Kalo gak, dia akan mengalami sakit kepala yang luar biasa.

Mulai dari episode 1, konyolnya Noukome udah keliatan banget. Jadi di latar belakangnya diceritakan bahwa kehidupan semua makhluk hidup bisa berubah disebabkan karena mereka telah memilih pilihan-pilihan dalam hidup mereka. 人生と、選択の連続である (jinsei to, sentaku no renzoku de aru, yang disebut kehidupan itu adalah serial dari pilihan). Contohnya Steve Jobs bisa membuat iPhone karena dia memilih untuk menggunakan touch screen untuk ponsel dibanding flip phone. Ariel juga bisa mendapatkan pangerannya karena dia memilih untuk menjadi manusia dibanding tetap jadi putri duyung. Begitu pula Kanade, kehidupannya dan juga orang-orang di sekitarnya pun berubah setelah dia (dipaksa) memilih pilihan-pilihan yang muncul.

Seperti anime-anime harem lainnya, Noukome tentunya juga mengandung adegan-adegan fanservice, tapi menurut saya pas banget sama ceritanya. Para pemeran pembantu selain ketiga cewek utama juga punya kepribadiannya masing-masing yang membuat mereka juga bisa disukai. Pokoknya saya ketawa terus deh nonton Noukome, kayaknya udah lama saya gak nonton anime selucu ini lagi setelah 瀬戸の花嫁 (Seto no Hanayome).

Selain itu ada bonus juga di bagian post-credit, terdapat adegan dimana seandainya Kanade memilih pilihan lain yang dia gak pilih di episode tersebut, kocak deh XD

3. 進撃の巨人 (Shingeki no Kyojin)

Sutradara: 荒木哲郎 (Tetsurou Araki)
Studio animasi: WIT STUDIO
Tanggal penayangan original: 2013.04.06 - 2013.09.28 (Q2 2013 - Q3 2013)

Gak perlu banyak perkenalan lagi ya, kayaknya semua otaku udah tau dengan anime terpopuler tahun 2013 ini. Banyak yang bilang bahwa anime tentang dunia dimana manusia tinggal di dalam tembok tinggi untuk berlindung dari serangan raksasa ini merupakan salah satu anime terbaik sepanjang masa.

Kita bisa lihat mulai dari kualitas animasinya yang top banget. Penggambaran lokasi mulai dari kota tempat manusia tinggal sampai ke dunia di luar tembok digambarkan dengan sangat detail dan juga beratmosfer. Musik backgroundnya juga berkualitas tinggi. Orkestra yang epic saat raksasa berhasil menghancurkan tembok dan masuk ke kota manusia membuat adegan tersebut makin bikin merinding. Begitu pula saat 調査兵団 (Chousa Heidan, Pasukan Survey) pergi ke luar tembok untuk mencoba membunuh raksasa-raksasa di luar sana, musiknya jadi bagian gak terpisahkan dalam membuat adegan tersebut semakin dramatis.

Grafik dan musik gak akan ada apa-apanya kalau gak didukung cerita yang bagus. Dilatarbelakangi oleh penghancuran ウォール・マリア (Wall Maria) yang merupakan tembok batas terluar oleh 超大型巨人 (chouoogata kyojin, raksasa super besar) yang juga berlanjut dengan hancurnya シガンシナ区 (Shiganshinaku, distrik Shiganshina) didalamnya, tokoh utama di anime ini yaitu エレン・イェーガー (Eren Jaeger) bersumpah untuk membunuh semua raksasa yang telah merusak kehidupan masa kecilnya. Eren dengan kedua teman masa kecilnya yaitu ミカサ・アッカーマン (Mikasa Ackerman) dan アルミン・アルレルト (Armin Arlert) kemudian mencoba masuk kedalam Chousa Heidan agar mereka dapat balas dendam ke raksasa-raksasa tersebut. Tanpa bercerita panjang lebar, banyak cerita yang gak terduga yang lumayan bikin saya kaget. Walaupun beberapa orang bilang ceritanya gak masuk akal, tapi namanya juga cerita fiksi ya, menurut saya cerita Shingeki no Kyojin tergolong sangat bagus.


Bagi yang masih belum percaya dengan epic-nya Shingeki no Kyojin, bisa mulai dengan liat opening pertamanya, 紅蓮の弓矢 (Guren no Yumiya) oleh Linked Horizon di video atas :)

2. リトルバスターズ! & リトルバスターズ! ~Refrain~ (Ritoru Basutaazu! & Ritoru Basutaazu!: Rifurein)

Sutradara: 山川吉樹 (Yoshiki Yamakawa)
Studio animasi: J.C.STAFF
Tanggal penayangan original: 2012.10.06 - 2013.04.06 (Q4 2012 - Q1 2013) & 2013.10.05 - 2013.12.28 (Q4 2013)

Little Busters! adalah anime adaptasi dari visual novel buatan Key berjudul sama. Para game otaku pastinya udah gak asing lagi dengan Key, dialah yang membuat judul-judul terbaik visual novel seperti Kanon, AIR, dan CLANNAD. Tapi banyak yang ragu ketika dibilang bahwa anime Little Busters! akan dianimasikan oleh J.C.STAFF, bukan oleh 京都アニメーション (Kyouto Animeeshon, Kyoto Animation). Takutnya J.C.STAFF gak akan bisa mencapai level yang sama dengan Kyoani yang berhasil menganimasikan visual novel Key menjadi anime terbaik seperti Kanon dan CLANNAD. Untungnya hal tersebut gak terjadi, setidaknya menurut saya, karena Little Busters! beserta sekuelnya Little Busters!: Refrain adalah salah satu anime terbaik yang pernah saya tonton.

Hampir sama dengan anime adaptasi dari visual novel lainnya, Little Busters! bergenre slice-of-life, menceritakan keseharian seorang murid SMA bernama 直枝理樹 (Riki Naoe) di sekolah. Dia dengan keempat orang temannya sewaktu kecil punya kelompok yang dinamakan リトルバスターズ (Little Busters). Suatu hari, 棗恭介 (Kyousuke Natsume), pemimpin dari Little Busters membuat suatu ide untuk membuat Little Busters sebagai sebuah tim baseball. Hanya saja, karena kelompok ini hanya terdiri dari 5 orang, mereka harus mencari 4 orang lagi untuk mencapai 9 orang tim baseball yang lengkap.

Seperti anime-anime Key sebelumnya, kekuatan anime ini terletak pada cerita dan karakter tiap tokohnya. Seluruh dari kesepuluh tokoh utama di anime ini memiliki karakter dan kepribadian masing-masing, yang membuat kita bisa merasa dekat dengan tiap tokoh.

Di 26 episode pertama dari Little Busters!, kita melihat betapa pentingnya arti persahabatan yang telah dijalin antar anggota Little Busters. Sedangkan di 13 episode dari Little Busters!: Refrain, anime ini berubah menunjukkan sisi gelapnya dimana persahabatan yang telah dijalin mereka lambat laun menjadi runtuh. Saya akui kalo saya nangis gak berhenti-henti pada plot twist di akhir dari Little Busters!: Refrain. Itulah yang membuat anime ini menurut saya sangat bagus, karena bisa membuat kita sangat peduli kepada tiap tokohnya.

1. 新世界より (Shinsekai Yori)

Sutradara: 石浜真史 (Masashi Ishihama)
Studio animasi: A-1 Pictures
Tanggal penayangan original: 2012.09.29 - 2013.03.23 (Q4 2012 - Q1 2013)

Dan anime terbaik tahun 2013 menurut saya adalah Shinsekai Yori. Anime ini memiliki latar belakang di Jepang masa depan tetapi dengan keadaan seperti Jepang di jaman feudal. Penyebabnya yaitu pada zaman dahulu (tahun 2011) manusia memiliki 呪力 (juryoku, kekuatan sihir) yang kemudian digunakan manusia dengan tujuan kejahatan. Akhirnya dunia menjadi kacau balau, dan pada ribuan tahun berikutnya dunia kembali menjadi seperti zaman dahulu dimana semua teknologi dimusnahkan dan semua manusia memiliki juryoku yang penggunaannya diatur agar tragedi masa lalu tidak kembali terulang. Kalo saya bercerita lebih jauh dari itu udah masuk ke spoiler, tapi saya pastikan bahwa ending dari Shinsekai Yori ini keren banget dan juga dapat menjawab semua pertanyaan yang ada di sepanjang anime ini.

Anime ini juga cukup mengejutkan, karena ada beberapa episode yang sepertinya si pembuatnya sedang dalam keadaan high, contohnya perubahan art style animasi di episode 5, dan Shinsekai Yaoi di episode 8. Tapi hal-hal seperti itu yang menurut saya bikin Shinsekai Yori menjadi sangat unik.

Selain cerita dan penyampaiannya, menurut saya kekuatan terbesar anime ini ada pada musiknya. 小森茂生 (Shigeo Komori) berhasil membuat atmosfer Shinsekai Yori sangat terasa karena musiknya yang cocok dengan tiap adegannya. Kedua lagu ending Shinsekai Yori, 割れたリンゴ (Wareta Ringo) oleh 種田梨沙 (Risa Taneda) dan 雪に咲く花 (Yuki ni Saku Hana) oleh 花澤香菜 (Kana Hanazawa) juga merupakan salah satu ending favorit saya sepanjang masa. Oh iya, anime ini gak memiliki opening. Walaupun begitu, karena ceritanya yang bagus, saya merasa cepet banget udah satu episode aja berlalu, haha...

Sekian top 5 anime tahun 2013 menurut pendapat saya. Sebenernya masih ada beberapa anime 2013 yang saya tertarik karena katanya bagus tapi blom sempet saya tonton, kayak のんのんびより (Non Non Biyori) dan 翠星のガルガンティア (Suisei no Gargantia), tapi saya rasa top 5 di atas udah lumayan mewakili pendapat saya untuk anime tahun 2013. Pokoknya tahun 2013 kemarin saya nikmatin banget jadi otaku anime dibanding tahun-tahun sebelumnya, semoga di tahun ini saya bisa makin sering nonton anime (oi Wibo, backlog tuh urusin dulu, gak bakalan selesai-selesai kalo gak dikerjain, hahaha). Oke sekian, sampai jumpa lagi di tahun 2015! ^_^

No comments:

Post a Comment