January 25, 2014

Ulasan: 2014.01.23 Team J 2nd Stage "Dareka no Tame ni" 19:00


Setelah J1 selesai dipentaskan, Team J kembali dengan setlist kedua yaitu 誰かのために (Dareka no Tame ni) yang artinya "Demi Seseorang". Setlist J2 ini aslinya merupakan setlist ketiga Team A, dan juga pernah dibawakan sebagai setlist pertama Team N.


Sedikit informasi, setlist Dareka no Tame ni ini dibawakan oleh Team A (A3) dengan member sebanyak 20 orang. Setelah jumlah standar member yang tampil ditetapkan 16 orang, barulah setlist ini dibawakan Team N (N1) dengan versi 16 orangnya. J2 menggunakan format yang sama dengan N1, yaitu 16 orang. Setlist ini bersuasana 'kelam', pokoknya kebalikan banget dari Pajama Drive yang sangat ceria. Lagu-lagunya pun juga gak chant-able, jadi jangan dipaksain untuk nge-chant karena didengernya juga akan gak enak... Walaupun begitu ada beberapa chant khusus di beberapa lagu, kalo yang pernah nonton rekaman A3 atau N1 pasti bisa denger jelas chant-chant khusus ini.

Sebelum masuk ke pertunjukan, saya mau kasih tau dulu tentang beberapa hal. Sekarang cuma baris kanan yang digunakan untuk antrian penukaran tiket, karena baris kirinya digunakan untuk antrian 2-shot. Sesi 2-shot adalah sesi dimana kita bisa berfoto berdua dengan salah satu member JKT48 yang kita pilih, dengan syarat member tersebut harus tampil pada show hari itu. 2-shot Card merupakan bonus yang terdapat di dalam DVD Perkenalkan Nama Kami, JKT48, DVD Renai Kinshi Jourei, dan DVD Boku no Taiyou. 2-shot Card tersebut dapat kita tukarkan di loket sebelah kiri dengan tiket 2-shot. Sesi 2-shot baru akan dimulai setelah show selesai dan semua penonton telah keluar dari teater. Detail dan tata cara 2-shot bisa dilihat lebih lanjut di sini.

Tiket 2-shot yang didapat setelah menukarkan 2-shot Card di loket

Untuk sistem ticketing sekarang semakin praktis karena sudah menggunakan barcode. Sebelum tukar tiket, kita harus print kartu anggota yang telah dilengkapi barcode di situs JKT48 (jangan lupa untuk sign in terlebih dahulu!). Saat menukarkan tiket, kita tinggal tunjukin kartu anggota tersebut beserta kartu identitas, lalu bayar harga tiket, gak perlu lagi print email verifikasi di kertas ataupun nunjukin email verifikasi di ponsel :) Setelah kartu kita discan, angka "Jumlah kedatangan teater" di My Page situs JKT48 juga akan bertambah secara otomatis.

M00. overture (JKT48 ver.)


影アナ (kageana, pemberitahu) kali ini adalah Haruka. Bacanya amburadul banget, sampai-sampai dia geli sendiri yang akhirnya bikin penonton ikut ketawa. Lamaaaaa banget kageananya sampai 5 menit lebih, soalnya Haruka gak berhenti-berhenti ketawa di belakang panggung XD

M01. Tsukimisou (月見草); Evening Primrose


Lagu ini bernuansa lagu-lagu yang sering dibawakan di festival Jepang, lengkap dengan teriakan-teriakan "yossha!" dari member yang sedang gak nyanyiin lirik. Sayangnya saya perhatiin gerakan mereka masih belum kompak, yang paling keliatan di baris kedua-ketiga, dan waktu gerakan muter tangan di reff terakhir dimana masing-masing 5 member berbaris di sisi kiri dan kanan panggung.

Oh iya, kostum yang dipakai modelnya sama, model sailor fuku, lebih mirip ke kostum N1 ada motif kotak-kotaknya tapi warnanya hijau-biru.

M02. Warning; Perhatian


Langsung berubah jadi lagu upbeat yang tipenya lagu-lagu Team A banget. Walaupun gerakannya sama melelahkannya dengan lagu sebelumnya, gerakan member jauh lebih kompak disini.

M03. Tanjoubi no Yoru (誕生日の夜); Malam Ulang Tahun


Member mengganti headset mereka dengan mikrofon di lagu ini. Di lagu ini salah satu kelebihan JKT48 dibanding sister group lainnya keliatan (baca: kedengeran) banget, yaitu dapat melafalkan bahasa Inggris dengan benar :D Mulai dari intro lagu, udah berasa lafal Inggrisnya "love me darling, love, love me baby, we can't say yet", bukan "rab mii daarin, rab, rab mii beibii, wi ken seiyet". No offense buat AKB48 dan NMB48, sumpah deh, saya beneran lebih suka denger "happii, happii baasdei tu yuu" dibanding "happy, happy birthday to you".

Lagu ini spesial banget buat saya pribadi, karena tepat pada tanggal ini saya berulang tahun, jadi berasa banget ni lagu dinyanyiin kepada saya, hahaha :D

MC1


Topik jikoshoukai di MC pertama ini adalah pengalaman naik sepeda. Sebelumnya waktu Melody nyebut 3 lagu yang dibawain, dia salah ngartiin Tanjoubi no Yoru sebagai Malam Tahun Baru, udah kelewat jauh kali Mbak... :P

  • Nabilah: Udah bisa naik sepeda roda dua dari kelas 2 SD, karena aku anak ajaib jadi gak pernah jatuh naik sepeda. Pernahnya nabrak gerobak tukang bakso.
  • Shania: Gak ada pengalaman menarik, gak pernah jatuh, gak pernah nabrak juga.
  • Melody: Aku kalo bawa sepeda, motor, mobil pasti pake nabrak dulu. Waktu naik sepeda nabrak tong sampah, untung aku wangi jadi tong sampahnya ikutan wangi.
  • Kinal: Pernah alasan sakit dari sekolah cuma buat main sepeda, akhirnya rem sepedanya rusak dan masuk ke kolong mobil.
  • Cindy: Baru bisa naik sepeda kelas 2 SMP, karena gak ada yang ngajarin, Bapak kuliah di luar negeri, Ibu sibuk kerja.
  • Beby: Sepedaku mainstream, yang ada gambar dalmatian. Pengalaman bersepeda ya di JKT48, bawain Futari Nori no Jitensha.
  • Ayana: Di Jepang semua orang kemana-mana naik sepeda, diajarin sama Kakak biar bisa.
  • Sonia: Waktu TK diajak balapan sama Cici (Stella, graduated member), pas turunan gak bisa ngerem, jatuh sampe berdarah. Aku gak nangis kok, malah Cici yang nangis.
  • Veranda: *ngakak sendiri denger ceritanya Ayana & Sonia yang saling ledek-ledekan* Lupa mau cerita apa, pokoknya intinya bisa lancar naik sepeda setelah dikejar anjing.
  • Jeje: Liburan di Puncak, lupa bawa sepeda. Nemu ada sepeda punya orang kampung, ambil aja deh. Mungkin karena disumpahin sama yang punya sepeda, tu sepeda gak ada remnya, akhirnya nabrak.
  • Haruka: Dari TK udah bisa naik sepeda, kenapa yaa? Udah! *langsung ngabur ke belakang panggung* *penonton nyorakin*
  • Frieska: Diajak Kakak (Melody) naik sepeda roda tiga yang ditaliin ke belakang sepedanya. Kakak lalu cerita, tiba-tiba kok jadi ringan, ternyata aku udah keguling. Kakak nyuruh berhenti nangis dan jangan bilang Mama, nanti Kakak beliin permen.
  • Delima: Kelas 1 SD baru bisa naik sepeda, kebut-kebutan di jalan dan di pertigaan mau nabrak motor. Bapak-bapak yang bawa motor berhenti trus bilang "bodoh kamu!"
  • Sendy: Pertama kali belajar sepeda roda empat diajarin tante. Gak tau deh, lupa ceritanya!
  • Dhike: Aku sekali dorong naik sepeda roda dua langsung bisa, pokoknya gitu deh. Udah ah, kebelet! *loncat-loncat dan lari ngibrit ke belakang panggung* *penonton ketawa*
  • Ghaida: Lomba 17 Agustusan naik sepeda, aku doang peserta cewek ikutan *emang situ cewek ya? :P* Gak tau jalan, keluar track, nyasar ke jalan raya. Pas mau ketabrak mobil, aku loncat dan sepedanya aku buang, akhirnya ancur sepedanya.

M04. Bird; Burung

Member: Melody, Kinal, Cindy

Saya jadi inget (kenangan sangat buruk) waktu pertama kali Takamina datang ke Jakarta dan tampil (baca: dibully) di Dahsyat. Hampir aja dia disuruh nyanyi lagunya si host banci, untungnya para penonton nyuruh nyanyi Bird. Nah waktu AKB48 konser dengan JKT48 di Jakarta dalam acara J-Pop Culture Festival, Takamina membawakan unit song ini bersama Reinyan dan Maria, bener-bener kenangan yang indah bisa nonton langsung Takamina nyanyiin lagu legendaris ini! ^_^

Kembali ke J2, saya realistis aja, gak mungkin berharap Melody bisa menyaingi level Takamina. Diliat dari kostumnya aja udah ada malfungsi, sayap di kostum Melody hilang. Tapi mereka bertiga bagus kok penampilannya, memuaskan. Bintang di lagu ini adalah Cindy, saya bener-bener gak nyangka dia bisa bawain lagu ini dengan sangat baik, suaranya pun dibuat jadi ngebass, bangga banget deh sama Cindy! ^_^

M05. Nagekiss de Uchiotose! (投げキッスで撃ち落せ!); Jatuhkan dengan Kissbye!

Member: Nabilah, Ayana, Shania, Jeje, Sonia, Beby

Lagu paling ceria di setlist ini. Yang membedakan dengan A3 & N1, di J2 ini adalah gak ada member yang pake topi koboi, dan gerakan duduk di verse pertama ditiadakan karena lantai panggung teater JKT48 gak bisa dinaik-turunin :P

Sebagai seorang pemerhati lirik, menurut saya terjemahan liriknya juga mantap, suka banget di bagian reff keduanya "マシンガンでやられてる" (Mashin gan de yarareteru) = "Bagaikan ditembak dengan machine gun" :)

M06. Shinkirou (蜃気楼); Khayalan

Member: Haruka, Veranda

Unit song dengan penampilan terbaik di show ini, kalo mereka udah berani gak lipsync bakalan sempurna banget penampilannya. Terjemahan liriknya juga kreatif, "心ゆらゆらゆら 揺れながら" (Kokoro yura yura yura yurenagara) = "Khayalan yang terbayang-bayang pada jendela"  See that? They managed to keep the triple rhyme! :)

M07. Rider (ライダー); Pengendara

Member: Ghaida, Dhike, Sendy, Frieska, Delima

Wuih kostumnya keren, ada checkered flag di bajunya, berasa mau balapan... Seperti yang udah saya bilang di awal, karena J2 ditampilkan dengan 16 orang, maka versi lagu Rider yang dibawakan disini adalah versi 5 orang seperti di N1, bukan versi 9 orang seperti di A3. Gak ada kesalahan yang ditampilkan mereka berlima di lagu ini, lanjut...

MC2


Sendy bilang sebelum perform lagu Rider, mereka selalu berdoa dengan bilang "Rrrrrrrider!", lalu Sendy nyuruh penonton buat ikut ngomong "Rrrrrrrider!" o_O Bahasan di MC kedua ini tentang makna lagu Bird. Kata Ghaida, sayap itu adalah simbol dari angan-angan, karena burung di lagu ini gak punya sayap, angan-angannya juga gak bisa terbang. Frieska bilang, mungkin burungnya gak bisa terbang soalnya dikandangin... Sendy kemudian nyadar, kenapa unit song pertama selalu berhubungan dengan mobil ya? Pajama Drive udah jelas banget naik mobil, Kuroi Tenshi ada klaksonnya, sekarang Bird mobil lagi mobil lagi.

M08. Seifuku ga Jama wo Suru (制服が邪魔をする); Seragam Ini Sangat Mengganggu

Member: Melody, Kinal, Cindy, Nabilah, Ayana, Shania, Haruka, Veranda

Yang teriak "OGS!" (baca: o-ji-es) di awal lagu dikit banget... -_- Oke, ini lagu puncak dari setlist ini, sekaligus merupakan single major ke-2 AKB48. Dengan lirik yang cukup parah, gerakan tarik rok, ditambah desahan-desahan "Ah~" di sepanjang lagu ini, bikin saya kaget waktu pertama kali denger Team J akan bawain A3.

Lagu Seifuku ga Jama wo Suru yang dibawakan disini merupakan versi unit song 8 orang, kalo yang full 16 orang itu ada di A4. Kostumnya juga sama, one-piece dress warna merah yang ditutup oleh kemeja putih, bedanya di kemeja J2 ada emblemnya, kalo di kemeja A3/N1 polos. Tapi kemeja J2 jahitan bawahnya rata, kalo kemeja A3/N1 gak rata. Beberapa member kayak Haruka ngakalin ini dengan lompatin satu kancing kemeja, cuma jadinya malah keliatan dress di dalam kemejanya, padahal kalo di A3/N1 ketutup rapet dan terlihat kayak pake kemeja+rok.

Keren deh perform mereka disini, penampilan kedelapan member ini sangat memuaskan.

M09. Natsu ga Icchatta (夏が行っちゃった); Summer Has Gone


Team J kembali membuktikan bahwa mereka lebih jago melafalkan "Summer has gone" dan "My lonely heart" dalam bahasa Inggris. Serius, saya baru sadar setelah liat poster J2 bahwa yang dinyanyikan Team A itu liriknya adalah "Summer has gone", selama ini saya pikir mereka itu bilang "Summer hatsukoi". Oh iya, sama dengan N1, di J2 gak ada perbedaan warna kostum antara 8 orang yang nyanyi unit song Seifuku ga Jama wo Suru dengan lainnya, kalo di A3 warna kostum mereka lebih terang.

M10. Koike (小池); Adyth


Koike (ya, itu nama orang) di lagu ini diganti jadi Adyth (baca: Adit). Jadi lagu ini menceritakan seorang perempuan pacar Koike/Adyth, yang melihat si Koike/Adyth nya itu jalan sama perempuan lain. Nah dia sebel sama Koike/Adyth, tapi dia gak mau ninggalin Koike/Adyth. Seneng yee yang namanya Adyth, hahaha...

Saya suka banget lagu ini, ini lagu yang paling saya tunggu. Uniknya lagu ini adalah monolog panjang member yang mengisi tiap interlude lagu, yang merupakan curhatannya kepada Koike/Adyth. Setelah lagu Natsu ga Icchatta selesai, member yang bermonolog keluar dari kerumunan teman-temannya dengan kostum dress merah, kemeja putihnya udah dilepas. Monolog di A3 dibawakan oleh Mariko, di N1 dibawakan Nana, di J2 dibawakan Ve.

Ketiga member ini membuat pembawaan lagu ini jadi berbeda. Mariko dengan suara beratnya dan muka serius, bikin versi A3 jadi tegar. Nana yang childish bikin versi N1 jadi ngambekan (tentunya lirik monolognya juga udah diubah menjadi logat Kansai, khas Oosaka). Ve juga bikin lagu ini feelnya beda, kalo di J2 kesannya si cewek ini malu-malu kucing, padahal sebenernya ya mau...

Saya tadinya pengen catet monolog Ve di lagu ini, tapi gagal lah karena kecepatan saya ngetik di HP jauh lebih lambat, hehe... Pokoknya intinya sama sih:
  • Pre-song: "Kalau udah umur segini, sisi buruk akan kelihatan"
  • Setelah reff 1: "Rasanya kayak abis pake baju bekas terus dikasih temen, tapi malah cocok"
  • Verse 2: "一人?" (Hitori?) diganti menjadi "Sendiri?", dan "まさか!" (Masaka!) diganti menjadi "Gak lah!"
  • Setelah reff 2, sebelum bridge: "Dulu aku emang mau simpen Adyth, tapi sekarang gak lagi"
  • Post-song: "Adyth, jangan bercanda! Kenapa aku harus cemburu sama kamu? Ngapain Adyth jalan-jalan sama pacar? Iya di sini aku sendirian, makan es krim... Ayo bilang kata-kata yang aku mau!" (lirik "ガリガリ君" (Garigarikun) di lagu ini yang merupakan merek es krim terkenal di Jepang, diganti jadi "es krim" saja, tanpa merek)
Kesimpulannya, bagi kalian yang bernama Adyth, wajib liat langsung lagu ini karena lagu ini ditujukan untuk kalian :D

M11. Tsuki no Katachi (月のかたち); Bentuk Sang Rembulan



Komentar saya cuma satu, kenapa hampir gak ada yang ngechant "Oi! Oi! Oi! Oi!" waktu member gerak-gerakin dada mereka setelah reff 1 dan juga di akhir lagu? You guys are no fun :(

MC3


Gimana kalo orang-orang Indonesia diwajibin naik sepeda? Kata Haruka gak mungkin, kalo disini kemana-mana harus naik mobil, semua orang juga pada naik mobil/motor. Ayana setuju aja, asal jalannya dibenerin, yang jalanan batu diaspal. Delima juga setuju, karena bisa bikin badan sehat. Ve setuju karena bisa ngurangin polusi, katanya Ve dia juga tiap pulang kuliah selalu naik angkutan umum (wah keren!). Nabilah nyamber, ini besok yang nonton bakal naek angkot semua biar ketemu Ve, hahaha... Cindy setuju, asal harus aman, maksudnya biar gak ada sepeda yang dicolong. Kata Jeje biar aman pake seatbelt dong... *krik krik krik, sunyi* Dibales Cindy, "garing banget ya", haha...

M12. Dareka no Tame ni (誰かのために ~What can I do for someone?~); Demi Seseorang


Inilah lagu indah yang menjadi judul setlist ini. Kostum yang dipakai di J2 agak beda dikit karena ada renda-rendanya, di A3/N1 cuma dress putih polos. Lagu ini juga menjadi theme song untuk 「誰かのために」プロジェクト (Dareka no Tame ni Project), yaitu sebuah proyek untuk membantu korban gempa besar dan tsunami Touhoku yang terjadi bulan Maret 2011.

Terjemahan lirik lagu ini rada kurang pas, "誰かのために" (Da-re-ka no ta-me-ni) pemenggalan suku katanya menjadi "De-mi se-se-o-o-rang". Tapi gak begitu masalah sih, pokoknya jangan lihat lagu ini dari kostum dan gerakannya yang simpel, tapi dengarkan liriknya karena maknanya sangat dalam :)

Oh iya, jangan lupa chant di bagian paling akhir reff, setelah "Demi Seseo~rang", kita juga ikutin "Demi Seseo~rang", dan kemudian setelah "Demi Seseo~rang" yang berikutnya, kita lanjutin dengan "Wo-o-o-o-o-o~"

E1. Medley: Aitakatta – Kimi no Koto ga Suki Dakara – Baby! Baby! Baby! – Ponytail to Chou-chou


Entah siapa yang mimpin encore, kocak banget... "Assallamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu, mari teman-teman kita mulai encore hari ini dengan membaca Bismillahirrahmanirrahim, AN-KO-RU!" XD

Lagu encore dibuka dengan medley 10 menit. Sebagai perbandingan, medley di A3 terdiri dari 会いたかった (Aitakatta) – Dear my teacher – 桜の花びらたち (Sakura no Hanabiratachi) – スカート、ひらり (Skirt, Hirari) – AKB48. Sedangkan medley di N1 terdiri dari Beginner – チャンスの順番 (Chance no Junban) – ポニーテールとシュシュ (Ponytail to Shushu) – ヘビーローテーション (Heavy Rotation), dan ditambah dengan full version dari NMB48.

Jadi wajar kan kalo saya berharap minimal akan ada lagu JKT48 masuk ke medley? Bzzt, salah... Medley J2 terdiri dari lagu-lagu awal saat JKT48 belum punya teater, itu juga cuma 4 lagu, bukan 5 lagu kayak A3 & N1. Gak cuma itu yang bikin saya kecewa, tapi transisi musik antar lagunya pun parah. N1 itu transisinya sempurna banget. Kalo A3 sebenernya lagu-lagunya juga gak nyambung, tapi dibikin remixnya biar transisinya enak. Kalo J2? Maaf banget nih, menurut saya kayak cuma di-copy-paste tanpa ada usaha buat gabungin musiknya.

Kostumnya pake kaos kotak-kotak warna hitam putih, dan pake hotpants dengan hiasan rantai. Kalo penampilannya gak perlu diragukan lagi ya, pasti bagus, udah biasa banget kan bawain lagu-lagu ini :)

MC4


Topik MC terakhir ini adalah larangan-larangan aneh yang dibilangin oleh orang tua waktu kecil. Kata Sonia, kalo makan nasi gak diabisin, nanti nasinya nangis. Kata Dhike, jangan main sampe lewat Maghrib, nanti diculik wewe gombel. Kata Ghaida, kalo bersih-bersih kamar jangan setengah-setengah, nanti suami kamu jenggotnya setengah (WTF?). Kata Delima, kalo makan jangan di depan pintu, ya iya lah kalo di depan pintu kan ngalangin jalan orang...

Kata Sendy, kalo bangun siang nanti rejeki dipatok ayam. Kata Kinal, jangan duduk di meja nanti banyak utangnya. Kata Nabilah, kalo duduk di depan pintu nanti gak dapet jodoh. Kata Jeje, kalo nancepin sumpit di atas nasi berarti nyumpahin orang tua meninggal, tapi buktinya orang tua sampai sekarang baik-baik aja tuh... Yang ada waktu Jeje di China nancepin sumpit ke nasi malah dimarah-marahin sama orang China, hahaha... Kata Ve, kalo punya makanan trus diminta orang, makanannya harus dimakan sendiri dulu, soalnya kalo gak jodoh kita akan diambil orang.

E2. Namida Uri no Shoujo (涙売りの少女); Gadis Penjual Air Mata


Waktu pertama kali saya dengerin lagu-lagu A3, ini lagu yang paling saya inget soalnya musik intronya mirip dengan musik di game Sonic the Hedgehog stage Marble Zone. Padahal saya benci stage tersebut, tapi entah kenapa lagu ini malah suka :P

Lagu terakhir, member berkostum long dress berwarna hitam, penampilan mereka bagus semua, termasuk waktu bagian rap di bagian bridge. Pokoknya selain lagu pertama bagus semua deh, minus satu poin buat itu. Minus satu poin lagi karena semuanya masih lipsync, haha... Jadi rating akhir dari show ini adalah: 8/10

Sesi foto 2-shot


Setelah show berakhir, untuk yang punya tiket 2-shot inget masih ada sesi foto 2-shot lho, jangan pulang dulu! Selagi menunggu semua penonton keluar dari teater, persiapkan ponselmu sebaik-baiknya, cek dulu kameranya, tes foto sesuatu, pokoknya pastiin deh bahwa ponselnya bisa ambil foto dengan lancar.

Lokasi foto 2-shot ini ada di koridor tempat hi-touch, nanti akan ada 3 meja untuk 3 member. Kalau member tersebut sudah siap, nanti security akan memanggil nama member tersebut, fans yang memiliki tiket 2-shot bisa antri sesuai barisannya.

Saat giliran kita masuk, kita kasih tiket 2-shot ke security. Kemudian di dalam, kita serahkan ponsel kita ke 'juru potret' sekalian jelasin cara pakenya, harus pencet tombol apa, pokoknya jangan sampe dia salah pencet. Setelah 'juru potret' nya siap, kita maju ke belakang meja untuk berpose dengan member. Posenya bebas, asal gak merendahkan member, dan yang pasti membernya juga harus mau lah, haha...

Setelah foto diambil, cek dulu fotonya agar gak menyesal nanti kalo udah keluar ternyata hasilnya jelek. Oh iya, karena ruangannya kecil, sangat disaranin untuk gak pake blitz karena kemungkinan besar akan timbul efek red-eye. Selain itu, karena penerangan di koridor juga kurang mendukung (baca: rada gelap), kalau bisa brightness di kameranya lebih dipercerah.

Hasil foto 2-shot saya dengan Cindy bisa dilihat di twitter saya di bawah, Sebenernya sih saya gak niat pengen sebarin, tapi udah terlanjur disebar sama membernya, semua orang udah liat juga, ya sudah lah... Hari ini bener-bener hari yang gak akan bisa saya lupain deh, serasa ulang tahun saya dirayain di teater, hahaha... Makasih Cindy, makasih JKT48! Akhir kata, mohon maaf kalo ada tulisan yang dirasa menyinggung, sampai jumpa lagi di teater dan event-event berikutnya! ^_^

No comments:

Post a Comment