September 30, 2011

Ulasan: Transjakarta feeder 3

Tulisan ini aslinya saya posting di milis STJ pada 29 September 2011, jam 15:37

Tulisan ini adalah lanjutan dari cerita saya sebelumnya di feeder 2. Sesampainya di Monas, saya langsung mengarah ke Bunderan Senayan buat nyobain feeder 3. Di BunSen, saya langsung cari petugas ticketing feedernya trus saya disuruh tunggu di pintu Kalideres. Waktu tunggunya lumayan lama, 30 menit pas (20:07-20:37), maklum lah hari pertama dan penumpang pun juga cuma saya sendiri, haha...


Selagi nunggu, saya ngobrol banyak sama petugas ticketing feedernya. Dia bilang tadi sempet pas traja mini berhenti di pintu Kalideres, penumpang arah Kalideres pada langsung masuk semua karena gak ada yang tau rute feeder ini. Ditambah onboard juga blom ngerti apa-apa, dan gak langsung cek tiket pas penumpang masuk. Kedepannya onboard feeder mesti lebih aktif lagi, tiap berhenti di halte harus udah langsung minta tiket ke tiap penumpang yang masuk. Selain itu, onboard feeder saya liat juga blom ngerti sama sekali protap standar satgas, seperti kasih tau halte berikutnya (apalagi gak ada LED info halte didalam bis, dan juga gak ada keterangan nama halte di fisik haltenya), membentangkan kaki ke lantai halte, kasih kode "lanjut" ke pramudi, dsb. Mungkin perlu bantuan dari pengendalian BLU buat sesekali training satgas dari LRN yang masih baru banget ini.

Dari BunSen, bis melaju ke arah Semanggi, keluar jalur sebelum kolong FO Semanggi (sekarang ada bukaan separator disini), trus naik keatas FO untuk muter lagi kebawah, ke arah BEJ. Setelah bis lewatin BEJ, Pacific Place, belok kiri menuju Polda, saya baru sadar bahwa di SCBD sama sekali gak ada halte. Mestinya bisa dibikin halte di belokan ke kiri antara Pacific Place dengan Electronic City. Saya yakin nanti banyak orang yang 'ketipu' karena rute feeder 3 ini tertulis Senayan-SCBD. Padahal orang gak bisa turun di SCBD, mereka cuma bisa turun di halte terdekat yaitu Komdak (letaknya didepan Polda, dibawah JPO Semanggi). Percuma aja kan?

Walaupun lewat Pacific Place & SCBD, tetep aja halte paling deket kalo kita mau kesana adalah Polda Metro... 

Dari Komdak, bis langsung ambil jalur paling kanan buat berhenti di Semanggi. Kemarin, feeder berhenti di pintu paling ujung timur yang merupakan pintu penaikan dan penurunan penumpang untuk arah Pluit/Grogol, padahal ada 3 pintu yang sama sekali gak kepake di ujung barat halte Semanggi. Please deh UPT/BLU, kenapa sih gak dimanfaatin? Udah gitu, dengan menggabung antrian yang beda arah di satu pintu, nanti bisa kejadian lagi penumpang yang mau ke arah Pluit malah nyasar kebawa ke Senayan...

Halte Komdak SCBD yang gak terlalu berguna, soalnya posisinya cuma seberang-seberangan sama halte Semanggi

Perjalanan berlanjut ke Gerbang Pemuda dan belok kiri ke Asia Afrika, melewati halte Gelora, Plaza Senayan, dan Senayan City. Cuaca berubah menjadi hujan, dan penumpang yang berdiri di halte feeder pastinya akan kebasahan karena gak ada kanopinya (untungnya gak ada penumpang). Masalah baru muncul karena halte-halte feeder di sepanjang Jl Asia Afrika merupakan upgrade dari halte lama, dan pada saat hujan ini, banyak motor yang diparkir didepannya karena pengendaranya mau berteduh. Otomatis bis gak bisa merapat dengan baik di halte. Di Plaza Senayan, ticketing kasih tau ke pramudi bahwa gak ada penumpang, jadi bisa langsung jalan. Tapi di Senayan City, ada satu penumpang perempuan (akhirnya ada juga penumpang lain selain saya, hehe) yang mesti loncatin gap sejauh lebih dari 30 cm karena bis gak bisa merapat akibat motor-motor yang diparkir di sekitar halte. Semoga bisa jadi perhatian untuk kedepannya. Dari Senayan City, bis belok kiri dan kembali ke Bunderan Senayan, saya sampai 21:03. Waktu tempuh satu putaran yaitu 26 menit.

Banyak banget hal yang mesti jadi perhatian, terutama kelancaran operasional soalnya rute-rute feeder ini gak ada jalur khususnya. Tanggapan saya pribadi, traja feeder ini sangat memudahkan penumpang traja untuk pergi ke daerah lain tanpa harus naik angkot. Mungkin bagi sebagian orang tarif Rp3.000 untuk feeder itu mahal, tapi saya rela kok nambah Rp1.000 (asumsi tarif angkot Rp2.000) dibanding mesti naik angkot yang ngetem, panas, plus pengemis, dll. Yang sangat disayangkan, kita gak bisa cuma bayar Rp3.000 walaupun kita gak pake koridor utama traja. Padahal saya yakin, penumpang jarak dekat mau membayar tarif segitu dan beralih dari angkot.

Oke, sekian ulasan saya kali ini... Untuk feeder 1 saya blom sempet coba, abis jauh sih, hehe... Walaupun masih jauh dari sempurna, secara keseluruhan saya senang dengan peluncuran feeder ini. Selamat buat Dishub, UPT alias BLU, dan LRN yang udah berhasil mengoperasikan ketiga rute feeder ini secara super dadakan dan nihil sosialisasi ke penumpang :P Pokoknya saya tunggu yaa feeder yang menuju ke rumah saya :D

No comments:

Post a Comment