September 30, 2011

Ulasan: Transjakarta feeder 2

Tulisan ini aslinya saya posting di milis STJ pada 29 September 2011, jam 15:35

Selamat sore milis STJ... Seperti biasa saya akan mengulas feeder yang baru diluncurkan kemarin. Jadi ada 3 rute feeder yang udah beroperasi, yaitu feeder 1 Taman Kota-Kedoya Green Garden-Puri Indah, feeder 2 Balaikota-Monumen Nasional-Tanah Abang Jatibaru, dan feeder 3 Semanggi-Bunderan Senayan-Komdak SCBD. Detail mengenai rute ketiga feeder ini saya udah tulis di http://www.suaratransjakarta.org/node/600 dan gak perlu saya salin lagi kan, bisa langsung dibaca disitu :)

Traja mini yang dipakai sebagai bis feeder
Foto: ©Yoga Adiwinarto 


Kemarin sepulang kantor saya langsung meluncur ke Monas buat nyobain feeder 2. Di penurunan Monas saya liat ada petugas yang standby pake rompi bertuliskan "Feeder Busway". Turun dari traja, saya langsung masuk ke halte Monas buat beli tiket feeder. Saya ketemu petugas yang juga pake rompi feeder lagi duduk, trus saya langsung nanya gimana caranya kalo mau ke Tanah Abang. Dia pertamanya sempet kaget, soalnya baru saya penumpang yang tahu kalo ada feeder, sampe nanya "Mas tau darimana ada feeder beroperasi?" Hahaha...

Saya beli tiket dengan harga Rp3.000, lalu dikasih tiket dengan 2 segi yang nantinya akan disobek oleh satgas onboard didalam bis. Saya trus diarahkan buat nunggu feeder di pintu penurunan arah Kota. Sebenernya ada tulisan "Antrian Feeder" ditempel pintu Kota, tapi karena antrian disini selalu rame, makanya saya disuruh nunggu di pintu penurunan. Kemarin, armada untuk setiap rute feeder baru dioperasikan 2 traja mini, jadi headwaynya agak lama. 17 menit saya nunggu (18:56-19:13) sebelum akhirnya traja mini itu datang. Tapi katanya mulai hari ini, operasional udah normal, feeder 1 dioperasikan 6 traja mini, feeder 2 dioperasikan 4, dan feeder 3 dioperasikan 5.

Tiket traja feeder kalo kita transit dari halte busway

Sebelum saya bahas perjalanan saya memutari feeder 2 ini, saya bahas dulu tentang bis traja ukuran mini yang dipake sebagai bis feeder. Pengamatan fisik dari luar, traja mini ini gak ada bedanya sama traja biasa. Warnanya merah, pintunya tinggi dan ada di sisi kiri dan kanan bis. Yang membedakan cuma ukurannya yang lebih kecil (seukuran Kopaja, Metromini dan sejenisnya) dan ada tulisan "Feeder Bus" di bodi sampingnya. Di luar juga tampak LED informasi jurusan di bagian depan bis, dan 4 buah LED bertuliskan nomor feeder di samping bis (masing-masing sisi ada 2 LED). Mungkin untuk LED samping ini bisa diatur biar tulisannya jadi F2, soalnya kalo pake angka 02 kemungkinan bakalan rancu sama kor 2.

Seluruh traja mini buat ketiga feeder ini operatornya adalah LRN, tapi kemarin semua bis masih blom ditempel nomor bodinya. Bis yang dipake bermesin Hino dengan karoseri Rahayu Santosa. Transmisi bis seluruhnya manual, gak pake transmisi automatic. Bahan bakar yang dipake adalah solar, bukan BBG... ^_^

Untuk interior bis, saya gak terlalu banyak komentar. Suasananya hijau, kayak seluruh traja LRN lainnya. Semua perlengkapan standar tersedia, kecuali LED info halte. Saya cuma mau komentarin tentang pintunya. Pintu yang dipake adalah model lipat dua daun pintu, persis sama kayak di traja JET. Karena ukurannya yang kecil, gak dibikin pembatas antara tempat duduk yang dideket pintu dengan pintunya. Kemungkinan badan penumpang kejepit disini kayak yang sering terjadi di traja JET sangat kecil. Yang saya agak kuatirin adalah kemungkinan jari kejepit diantara lipatan daun pintu, pengamatan saya spacenya sangat rapat dan penumpang yang berdiri dideket pintu bisa aja pegang pintu waktu pintu kebuka karena jarak aisle ke pintu gak jauh dan gak ada pembatasnya juga. Oh ya, kemarin pintunya masih dibuka/tutup secara manual sama onboardnya (baca: ditarik), karena blom disambungin ke tombol pintunya >_< Membuktikan bahwa pengoperasian feeder ini bener-bener dadakan abis...

Pada saat traja mini merapat di halte busway, ketinggian antara halte dengan lantai traja mini gak sama. Posisi lantai traja mini lebih rendah dari halte, selain itu ukuran pintunya kira-kira kurang dari 3/4 ukuran pintu traja normal (maksimal lebarnya 3 orang). Makanya jangan kaget kalo pas merapat di halte gak ngepas antara bis dan halte, karena ukurannya emang beda.

Saya lanjutin perjalanan saya nyobain feeder 2. Pas saya masuk ke bis dan nyerahin tiket saya ke satgas onboard, onboardnya malah kebingungan sendiri. Trus petugas ticketing feeder yang ada di halte Monas kasitau ke dia, kalo dia mesti sobekin karcis penumpang. Maklum masih hari pertama, apalagi pengoperasian feeder ini dadakan banget, hehe... Akhirnya sang onboard menyobek karcis saya lalu saya duduk di bis yang penumpangnya cuma saya sendiri :)

Oh iya, satgas untuk feeder berbeda dengan satgas untuk koridor utama. Satgas feeder dipekerjakan oleh operator, dalam hal ini yaitu LRN. Atribut dan seragamnya sama, yang membedakan yaitu dia punya tugas tambahan untuk menyobek karcis penumpang yang akan naik feeder. Seragamnya sama dengan seragam satgas BLU, tapi dengan badge Lorena di lengan bajunya dan tulisan "FEEDER Transjakarta" di punggungnya, kan kalo satgas BLU tulisannya "PAM Transjakarta" di punggungnya.

Didalam traja mini cuma ada saya, pramudi, dan satgas onboard...

Jam 19:13 bis berangkat dari Monas, lalu di TL Majapahit langsung ambil jalur kiri buat masuk ke Abdul Muis. Jalanan gak begitu macet, mungkin karena udah lewat dari peak hour. Di halte pertama, Abdul Muis Timur, cuma tampak 2 orang petugas ticketing yang duduk di halte bis biasa. Jadi di setiap halte feeder ditempatkan 2 orang petugas ticketing, satu sebagai penjual karcis dan satu sebagai barrier. Semua petugas yang ditempatin di halte feeder adalah cowok, karena memang rawan banget ngejual tiket di tempat yang 'terbuka' begitu dari segi keamanan.

Untuk halte feeder, ternyata gak sejelek foto kemarin yang ada di situs Berita Jakarta... Haltenya dilengkapi dengan pagar biar penumpang gak jatuh, udah sih itu aja, hehe... Ada rambu bergambar bis dengan tulisan "Halte Feeder", sayangnya gak ada sama sekali tulisan nama haltenya, pastinya akan sangat ngebingungin penumpang-penumpang yang 'buta jalan'. Oh ya, nama-nama halte yang saya tulis di website STJ itu adalah nama halte 'resmi' yang saya dapat dari BLU/Dishub, dan emang gak tercantum nama halte tersebut sama sekali pada fisik haltenya :P Udah gitu lebar platform haltenya pun dibuat selebar platform halte busway normal, jadi gak bisa ngepas sama pintunya. Beberapa halte feeder, platformnya juga posisinya lebih menjorok ke dalam daripada trotoar, akibatnya jarak (gap) antara halte dengan bis gak mungkin rapat. Bener-bener gak pake perencanaan banget deh bikinnya... :(

Bis terus melaju lurus ke halte Fahrudin yang berada persis di median jalan di belokan ke kanan menuju bawah FO Jatibaru, mirip kayak posisi halte Pasar Baru. Disini bis agak susah merapat soalnya posisi haltenya yang berada di belokan. Lanjut ke Jatibaru dan berputar arah dibawah FO Jatibaru, bis malah sama sekali gak bisa merapat disini soalnya jalur paling kiri didepan halte dipake buat tempat ngetem bis dan angkot. Di halte Abdul Muis Barat juga sama, didepan halte diparkir beberapa motor ojek. Perlu ada koordinasi sama Dishub buat menertibkan ini biar nantinya gak ganggu kelancaran operasional feeder.

Lalu bis masuk ke Budi Kemuliaan berputar di Balaikota, IRTI untuk kembali ke Monas lagi. U-turn disini sempit banget, untungnya ukuran bisnya juga kecil jadi gak masalah muternya. Saya sampai di Monas 19:39, waktu tempuh untuk satu putaran yaitu 26 menit. Untuk feeder 2 dan feeder 3 (saya belum coba feeder 1) menggunakan jalur looping, yang berarti pramudi akan terus mengemudikan trajanya berputar terus menerus alias nonstop.

Itu dulu ulasan saya dari feeder 2. Untuk feeder 3 saya akan kirim di message terpisah soalnya ini aja udah panjang banget, hehe...

No comments:

Post a Comment