January 1, 2015

Top 10 anime tahun 2014 versi Wibo

Gak kerasa ya udah tahun 2015 aja... Tahun 2014 menurut saya adalah salah satu tahun terbaik untuk anime, bisa dilihat dari jumlah ranking yang saya tambahkan menjadi top 10. Mungkin blom bisa ngalahin tahun 2011 ya, tapi bisa dibilang selevel lah :) 10 anime favorit saya tahun 2014 ini juga sangat variatif dengan masing-masing ciri khasnya yang membuat mereka sangat menonjol jika dibandingkan dengan anime-anime lain yang satu genre.

Seperti biasa, kategori anime yang bisa masuk ke dalam ranking ini adalah serial anime (bukan movie) yang penayangannya berakhir pada tahun 2014, jadi anime yang masih ongoing selepas tahun 2014 gak akan saya masukkan kesini.

Untuk kategori karakter terbaik, karakter yang debutnya bukan di anime yang berakhir 2014 gak akan saya masukkan. Sedangkan untuk kategori OP & ED terbaik, OP & ED tersebut harus tayang pertama kali di tahun 2014. Saya kasih contoh dari HUNTER×HUNTER (2011), berarti ゴン=フリークス (Gon Freecss) gak masuk hitungan karena debutnya di anime tahun 1999, dan ED 5 (表裏一体 (Hyouri Ittai)) juga gak masuk hitungan karena tayangnya di tahun 2013.

Artikel ini saya tulis berdasarkan selera saya, jadi kalo gak setuju ya gak masalah, selera orang kan beda-beda... :)

Karakter terbaik 2014

南波六太 (Mutta Nanba), dari 宇宙兄弟 (Uchuu Kyoudai)

Mutta adalah seorang yang selalu tertimpa sial. Dia dipecat dari pekerjaannya di usianya yang sudah memasuki 30-an tahun. Nasibnya pun selalu lebih buruk dibandingkan dengan Hibito, adiknya yang lebih muda 3 tahun darinya. Hibito telah berhasil mewujudkan cita-cita masa kecil mereka menjadi astronot yang terbang ke Bulan.

Di anime Uchuu Kyoudai, kita bisa melihat betapa gigihnya perjuangan Mutta untuk mengejar mimpinya menjadi astronot walaupun nasibnya bertolakbelakang dengan Hibito. Karakter Mutta benar-benar telah menginspirasi saya untuk selalu berjuang meraih cita-cita di hidup ini karena kesuksesan tidak akan datang sendiri tanpa usaha yang sungguh-sungguh.

Honorable mentions:

Opening terbaik 2014

ハナヤマタ (Hanayamata) OP 1: 花ハ踊レヤいろはにほ (Hana wa Odore ya Iroha Niho) oleh チーム "ハナヤマタ" (Team "Hanayamata")


Sebenernya saya gak berencana nonton Hanayamata. Tapi pertama kali saya lihat OP ini, saya langsung mutusin nonton anime ini. Di OP ini, ada 5 orang perempuan (baca: cute girls) melakukan hal-hal imut (baca: doing cute things) lalu menari よさこい (Yosakoi) pada bagian reffnya yang catchy. Ditambah animasi yang bagus banget dari Madhouse menjadikan Hanayamata OP 1 ini opening favorit saya tahun 2014. Bahkan PV dan lagu full versionnya juga keren lho! ^_^

Honorable mentions:
  • 甘城ブリリアントパーク (Amagi Brilliant Park) OP 1: エクストラ・マジック・アワー (Extra Magic Hour) oleh AKINO with bless4
  • 四月は君の嘘 (Shigatsu wa Kimi no Uso) OP 1: 光るなら (Hikaru Nara) oleh Goose house
  • ソードアート・オンラインII (Sword Art Online II) OP 2: courage oleh 戸松遥 (Haruka Tomatsu)
  • ニセコイ (Nisekoi) OP 2: STEP oleh ClariS

Ending terbaik 2014

銀の匙 Silver Spoon (Gin no Saji: Silver Spoon) (2014) ED 1: オトノナルホウヘ→ (Oto no Naru Hou e) oleh Goose house



Sekitar 3 tahun lalu, saya mulai tahu grup musik Goose house karena mereka mengcover lagu-lagu J-pop dengan keren banget. Sejak itu, saya jadi ngefans mereka dan selalu nantiin uploadan lagu cover mereka selanjutnya. Akhirnya lagu original mereka, Oto no Naru Hou e dipakai sebagai ED dari season ke-2 anime Gin no Saji. Lagu berirama riang ini cocok banget mengiringi ED yang cuma berupa flip animation dari artwork statis berwarna pastel. Konsepnya sederhana tapi bagus banget...

Mumpung lagi ngomongin Goose house, sekalian saya mau promosiin mereka deh, haha... :D Jadi bagi para penikmat musik J-pop buat yang blom tau mereka, langsung aja lihat video mereka di Youtube. Mereka juga cover beberapa lagu barat kok... Penampilan mereka bawain full version dari Oto no Naru Hou e dan Hikaru Nara (OP 1 dari anime Shigatsu wa Kimi no Uso) juga udah diupload di channel Youtube mereka.

Honorable mentions:
  • 残響のテロル (Zankyou no Terror) ED 1: 誰か、海を。 (Dareka, Umi wo) oleh Aimer
  • ソードアート・オンラインII (Sword Art Online II) ED 1: Startear oleh 春奈るな (Luna Haruna)
  • となりの関くん (Tonari no Sekikun) ED 1: Set Them Free oleh 神保彰 (Akira Jinbo)
  • 七つの大罪 (Nanatsu no Taizai) ED 1: 7 -seven- oleh FLOW×GRANRODEO

Insert song terbaik 2014

アオハライド (Ao Haru Ride) ep 1, 2, 6, 8, 12: I will oleh Chelsy

Ini adalah insert song yang diputar saat adegan antara karakter utama 吉岡双葉 (Futaba Yoshioka) dan 馬渕洸 (Kou Mabuchi). Mungkin karena lagu ini muncul di 5 episode dari anime bertemakan cinta ini, lama-kelamaan saya jadi suka sama lagunya. Lagunya yang slow juga cocok sama situasinya yang romantis. Maaf gak ada videonya, soalnya lagu ini dimainkan di tengah-tengah dialog di animenya, tapi PV full versionnya bisa dilihat di Youtube.

Honorable mentions:
  • キルラキル (Kill la Kill): Before my body is dry oleh Mika Kobayashi
  • ラブライブ! (Love Live!) (2014) ep 9: Snow halation oleh μ's (Muse)

Top 10 anime terbaik tahun 2014 versi Wibo:

10. アカメが斬る! (Akame ga Kill!)

Sutradara: 小林智樹 (Tomoki Kobayashi)
Studio animasi: WHITE FOX
Tanggal penayangan original: 2014.07.06 – 2014.12.14 (Q3 2014 – Q4 2014)

Ya saya tahu apa yang kalian, para pembaca manga, pikirkan: "LOL joke list", "shit taste confirmed", dll. Saya memang belum baca manganya, tapi walaupun cerita animenya jadi beda banget dengan manganya (sampai saat artikel ini saya tulis, manga Akame ga Kill! masih ongoing), menurut saya gak begitu ada masalah di jalan ceritanya, dan saya tetep bisa menikmati anime ini.

Buat yang belum tau, Akame ga Kill! menceritakan tentang sekelompok pemberontak pembunuh yang disebut ナイトレイド (Night Raid). Kelompok ini sangat dicari karena telah banyak memakan korban. Walaupun berjudul アカメ (Akame), tapi karakter utama di anime ini adalah タツミ (Tatsumi) yang kemudian juga menjadi salah satu anggota Night Raid.

Seperti yang tertulis di judulnya yang berarti "Akame Membunuh!", banyak adegan pertarungan, darah, sampai ke kematian. Jangan kaget jika ada karakter utama yang mati di suatu episode, karena anime ini penuh dengan hal-hal seperti ini. Awalnya sih bikin kaget, tapi setelah beberapa episode udah gak begitu ngagetin lagi tapi tetap aja kita akan menerka-nerka siapa korban berikutnya. Atmosfer anime ini juga gak begitu serius, soalnya pasti ada aja adegan humor di tiap episode. Hasilnya cukup unik dan adegan-adegan ini membuat saya bisa simpati ke kedua pihak yang berseteru.

Jadi apa masalahnya sehingga banyak yang bilang anime ini jelek? Setelah episode tertentu, cerita anime akan menyimpang jauh dari manganya, ini yang bikin para pembaca manga marah. Tapi saya pribadi sebagai orang yang belum baca manga merasa ceritanya berjalan dengan lumayan baik sampai dengan tamat. Lagipula perbedaan cerita di anime dengan sumber aslinya juga udah sering dilakukan, apalagi kalau sumbernya masih ongoing. Contoh paling gampang yaitu 鋼の錬金術師 (Hagane no Renkinjutsushi) alias Fullmetal Alchemist, dimana anime tahun 2003 nya beda jauh dengan anime tahun 2009 dan manganya, tapi ceritanya tetep bagus.

Seperti yang udah saya tulis bahwa anime ini gak begitu serius, mungkin faktor yang bikin saya menikmati Akame ga Kill! adalah karena saya pun juga gak begitu serius mikirin ceritanya. Bukannya inti cerita utamanya itu tentang haremnya Tatsumi ya? Iya kan, kan? XD

Episode favorit: ep 16

9. 一週間フレンズ。 (Isshuukan Friends)

Judul Inggris: One Week Friends
Sutradara: 岩崎太郎 (Tarou Iwasaki)
Studio animasi: ブレインズ・ベース (Brain's Base)
Tanggal penayangan original: 2014.04.06 – 2014.06.22 (Q2 2014)

Isshuukan Friends adalah salah satu anime yang paling saya tunggu-tunggu di tahun 2014, dan hasilnya sesuai dengan harapan saya. Anime yang diadaptasi dari manga berjudul sama ini menceritakan tentang siswi kelas 2 SMA bernama 藤宮香織 (Kaori Fujimiya) yang mengalami sindrom hilang ingatan mengenai teman-temannya setiap awal minggu, dan teman sekelasnya bernama 長谷祐樹 (Yuuki Hase) yang mencoba berteman dengan Kaori.

Art style anime ini mengingatkan saya kepada salah satu anime favorit saya, うさぎドロップ (Usagi Drop). Apalagi setelah saya tahu bahwa studio animasi favorit saya, Brain's Base akan memproduksi anime ini, harapan saya jadi makin tinggi.

Animasi dan musik di anime ini sangat baik, begitu pula alur ceritanya yang berjalan dengan sangat alami. Tapi, ini gak bisa terwujud tanpa akting suara yang luar biasa dari kedua seiyuu karakter utama, 山谷祥生 (Yoshitaka Yamaya) sebagai Hase dan 雨宮天 (Sora Amamiya) sebagai Kaori. Menurut saya, Sora Amamiya adalah seiyuu pendatang baru terbaik tahun 2014. Akting suaranya benar-benar gak diragukan lagi. Tahun 2014 saja dia sudah mendapat peran utama yang sangat berbeda di 4 anime. Selain Kaori, dia juga menyuarakan アカメ (Akame) di アカメが斬る! (Akame ga Kill!), 霧嶋董香 (Touka Kirishima) di 東京喰種トーキョーグール (Tokyo Ghoul), dan エリザベス (Elizabeth) di 七つの大罪 (Nanatsu no Taizai).

Tiap episode memperlihatkan interaksi antara Hase dan Kaori. Tapi dengan kualitas yang sangat bagus, saya gak pernah bosan nonton tiap episodenya dan selalu penasaran gimana kemajuan Hase menjadikan Kaori temannya. Saya juga kasih nilai lebih kepada Brain's Base yang telah menganimasikan Isshuukan Friends persis sesuai dengan art style di manganya.

Episode favorit: ep 1

8. ハイキュー!! (Haikyuu!!)

Sutradara: 満仲勧 (Susumu Mitsunaka)
Studio animasi: Production I.G
Tanggal penayangan original: 2014.04.06 – 2014.09.21 (Q2 2014 – Q3 2014)

Setelah sukses menganimasikan 黒子のバスケ (Kuroko no Basket), Production I.G kembali menganimasikan manga populer bertemakan olahraga, Haikyuu!!, kali ini bertema olahraga voli. Dengan pengalaman menganimasikan adegan-adegan cepat di kedua season anime Kurobas, tentunya saya yakin Production I.G juga akan memberikan kualitas yang sama di anime Haikyuu!! ini.

Haikyuu!! menceritakan tentang 日向翔陽 (Shouyou Hinata) dan 影山飛雄 (Tobio Kageyama), dua siswa kelas 1 烏野高校 (Karasuno Koukou, SMA Karasuno) yang merupakan 'rival' saat turnamen voli antar SMP tahun lalu. Saat mereka tahu bahwa mereka berdua masuk SMA yang sama, awalnya mereka bermusuhan dan bikin gak akur kondisi tim voli SMA Karasuno. Tapi pada perkembangannya, mereka menjadi duo murid baru yang ditakuti oleh tim voli SMA lainnya.

Yang paling menonjol di anime ini adalah perkembangan karakternya. Karakter digambarkan dengan sangat baik jadi gak cuma kedua karakter utama yang dapat sorotan, tapi juga para pemain di tim SMA Karasuno (kecuali anak kelas 2 yang cuma jadi background, hahaha). Baru kali ini saya nonton anime sampe teriak-teriak buat nyemangatin, apalagi saat Karasuno mencetak angka, wow perasaannya bener-bener kayak nonton pertandingan di stadion...

Cerita di anime Haikyuu masih belum tamat karena manganya saat ini juga masih ongoing. Production I.G udah mengonfirmasi bahwa season 2 Haikyuu!! sedang dalam proses pembuatan, dan saya gak sabar nunggu kelanjutannya yang semoga akan tayang tahun 2015 mendatang ^_^

Episode favorit: ep 18

7. ばらかもん (Barakamon)

Sutradara: 橘正紀 (Masaki Tachibana)
Studio animasi: キネマシトラス (Kinema Citrus)
Tanggal penayangan original: 2014.07.06 – 2014.09.27 (Q3 2014)

Alasan kenapa saya menambah top 5 tahun lalu jadi top 10 tahun 2014 ini karena mulai dari anime peringkat 7 ini saya kasih rating 9,5 yang udah hampir sempurna di mata saya, dan gak mungkin saya bisa keluarin anime yang luar biasa ini dari ranking.

Seperti yang sering saya bilang, genre favorit saya adalah slice-of-life. Mirip dengan Isshuukan Friends, Barakamon juga merupakan slice-of-life yang heartwarming. Anime ini menceritakan tentang 半田清舟 (Seishuu Handa), seorang kaligrafer yang memukul orang tua hanya karena orang tua tersebut mengkritik hasil kaligrafinya. Dia lalu disuruh pergi oleh ayahnya ke desa di kepulauan terpencil di daerah 九州 (Kyuushuu) untuk menenangkan dirinya dan juga mencari inspirasi bagi karya-karyanya.

Kita bisa melihat bagaimana sifat Handa lambat laun berubah setelah dia tinggal di desa yang budayanya sangat berbeda dengan di kota asalnya, Tokyo. Disini semua penduduk desa masih bergotongroyong saling membantu sesama. Handa mendapat banyak pelajaran hidup dari para penduduk desa, terutama dari 琴石なる (Naru Kotoishi), anak kecil yang sering main ke rumahnya.

Yang bikin anime ini unik adalah penggunaan dialek Kyushu oleh para penduduk desa. Saya baru kali ini dengar dialek Kyushu ini, dan saya yang lagi belajar bahasa Jepang kaget aja karena gak ngerti mereka ngomong apa, hahaha... Selain itu, karakter anak-anak di anime ini diperankan oleh seiyuu anak-anak, seperti Naru yang diperankan oleh artis cilik 原涼子 (Suzuko Hara). Makanya dialognya terasa pas banget, gak dibuat-buat.

Barakamon adalah contoh langka anime yang bisa menggabungkan unsur slice-of-life dan komedi secara pas, dramanya juga sangat alami dan gak dipaksakan. Kalo ada orang yang sama sekali blom pernah nonton anime dan minta rekomendasi anime ke saya, saya akan rekomendasiin Barakamon karena saya yakin ceritanya yang ringan bisa diterima oleh semua orang ^_^

Episode favorit: ep 11

6. 月刊少女野崎くん (Gekkan Shoujo Nozakikun)

Sutradara: 山崎みつえ (Mitsue Yamazaki)
Studio animasi: 動画工房 (Doga Kobo)
Tanggal penayangan original: 2014.07.06 – 2014.09.21 (Q3 2014)

Saya belum pernah ketawa ngakak lagi di tiap episode anime sejak saya nonton 瀬戸の花嫁 (Seto no Hanayome). Diadaptasi dari manga berjudul sama, anime bergenre komedi ini menceritakan tentang 夢野咲子 (Sakiko Yumeno), mangaka dari manga shoujo berjudul 恋しよっ♡ (Koi Shiyo, Mari Bercinta). Identitas asli dari Yumeno sebenarnya adalah seorang murid SMA, 野崎梅太郎 (Umetarou Nozaki). Suatu hari, 佐倉千代 (Chiyo Sakura) yaitu teman sekolah Nozaki yang menyukainya, nembak Nozaki tapi Nozaki salah menyangka bahwa Chiyo adalah fansnya. Akhirnya Chiyo menjadi asisten Nozaki dalam membuat manganya.

Gekkan Shoujo Nozakikun penuh dengan kesalahpahaman para karakternya yang bikin keadaan menjadi kacau. Udah gitu, ketujuh karakter utamanya juga gak ada yang beres. Mulai dari Nozaki yang sangat kaku dan gak bisa baca keadaan. Nozaki juga menggunakan teman-temannya sebagai contoh untuk bahan cerita manganya.

Kemudian para asisten manganya Nozaki, Chiyo si pengarsir yang terlalu polos, 御子柴実琴 (Mikoto Mikoshiba) alias Mikorin si penggambar efek yang super narsis, 堀政行 (Masayuki Hori) si penggambar background yang selalu bermasalah saat memimpin ekskul dramanya, dan 若松博隆 (Hirotaka Wakamatsu) si penggambar screentone yang stres dengan kegiatan ekskul basketnya. Lalu ada dua perempuan yaitu 鹿島遊 (Yuu Kashima) si pangeran sekolah dengan wajahnya yang ganteng dan 瀬尾結月 (Yudzuki Seo) si pembuat rusuh yang bersuara indah.

Semoga aja anime konyol ini ada lanjutan season ke-2 nya, abisnya setelah anime ini selesai rasanya hidup jadi sepi gak ketawa tiap minggu... XD

Episode favorit: ep 11

5. 宇宙兄弟 (Uchuu Kyoudai)

Sutradara: 渡辺歩 (Ayumu Watanabe)
Studio animasi: A-1 Pictures
Tanggal penayangan original: 2012.04.01 – 2014.03.22 (Q2 2012 – Q1 2014)

Cita-cita menjadi astronot adalah cita-cita yang kayaknya mustahil dicapai, karena hanya beberapa orang terpilih yang bisa menjadi astronot dan pergi ke luar angkasa. Tapi tidak demikian bagi 南波日々人 (Hibito Nanba), dia berhasil mewakili Jepang menjadi astronot pertama yang akan pergi ke Bulan. Nasib kebalikan dialami kakaknya, 南波六太 (Mutta Nanba) yang dipecat karena menanduk bosnya. Gak lama setelah dipecat, Mutta mengetahui bahwa dia diterima sebagai salah satu calon astronot JAXA. Mulai saat itu, Mutta berusaha keras untuk mewujudkan mimpi mereka berdua terbang ke Bulan.

Saya awalnya tertarik nonton Uchuu Kyoudai karena anime ini bertemakan luar angkasa dan saya dari kecil suka banget dengan ilmu pengetahuan alam, termasuk luar angkasa. Pembuatan anime ini juga mendapat bantuan teknis dari NASA sehingga semua peralatan seperti roket dan instrumennya mirip dengan aslinya. Oh iya, ada adegan unik di episode 31 dimana astronot JAXA 星出彰彦 (Akihiko Hoshide) menjadi seiyuu sebagai dirinya sendiri yang dia rekam dari luar angkasa di ISS. Suge~! :O

Selain itu, seperti yang udah saya jelaskan di alasan saya memilih Mutta sebagai karakter terbaik 2014, anime ini sangat inspiratif. Tapi fokus dari anime ini gak hanya pada karakter Mutta, tapi juga karakter-karakter di sekelilingnya. Contohnya pada tahap awal pemilihan astronot JAXA, saya juga simpati kepada para pesaing Mutta karena masing-masing dari mereka memiliki alasan yang sangat kuat untuk menjadi astronot.

Uchuu Kyoudai adalah anime yang patut ditonton, gak cuma bagi penggemar luar angkasa seperti saya, tapi juga semua orang. Banyak banget moral yang bisa diambil dari anime ini.

Episode favorit: ep 37

4. 甘城ブリリアントパーク (Amagi Brilliant Park)

Sutradara: 武本康弘 (Yasuhiro Takemoto)
Studio animasi: 京都アニメーション (Kyoto Animation)
Tanggal penayangan original: 2014.10.06 – 2014.12.25 (Q4 2014)

Anime ini diadaptasi dari light novel berjudul sama karangan 賀東招二 (Shouji Gatou). Ya dia adalah pengarang フルメタル・パニック! (Full Metal Panic!), jadi jangan kaget kalo ada makhluk yang terlihat mirip dengan ボン太くん (Bontakun) di anime ini, penampilannya memang persis sama.

Amagi Brilliant Park (selanjutnya akan saya sebut Amaburi) menceritakan tentang 可児江西也 (Seiya Kanie) yang dipaksa menghidupkan kembali Amaburi, sebuah taman hiburan yang mau bangkrut. Apabila Amaburi tidak berhasil mendapatkan 500000 pengunjung dalam waktu kurang dari 3 bulan, maka Amaburi akan ditutup. Sebagian besar staf Amaburi adalah penghuni dunia magis メープルランド (Maple Land) yang hanya dapat hidup dari energi yang didapat dari kegembiraan pengunjung taman hiburan, kalau Amaburi ditutup maka mereka semua tidak bisa hidup.

Dengan sutradara Yasuhiro Takemoto yang udah berpengalaman bikin フルメタル・パニック? ふもっふ (Full Metal Panic? Fumoffu), フルメタル・パニック! The Second Raid (Full Metal Panic! The Second Raid), 氷菓 (Hyouka), dan movie 涼宮ハルヒの消失 (Suzumiya Haruhi no Shoushitsu), saya yakin anime Amaburi jadinya akan bagus. Tapi saya gak nyangka kalo hasilnya akan sebagus ini.

Suasana taman hiburan Amaburi begitu terasa realistis. Usaha Kanie memperbaiki Amaburi pun juga terlihat nyata. Perubahan dari episode 1 dimana Amaburi merupakan taman hiburan yang sangat membosankan ke episode-episode selanjutnya saat pengunjung semakin banyak digambarkan dengan sangat baik, mulai dari kepribadian karakter, animasi, dan musik backgroundnya.

Setelah saya nonton episode terakhir Amaburi, saya ngebayangin kalo Amaburi dibuat taman hiburannya, wah pengen banget kesana... Gak perlu bikin taman hiburan sendiri, mungkin Amaburi bisa jadi bagian dari ユニバーサル・クールジャパン (Universal Cool Japan) di ユニバーサル・スタジオ・ジャパン (Universal Studios Japan). Kalo beneran ada, saya dengan rela akan menyerahkan uang saya, hahaha... Tapi gak perlu jauh-jauh bikin taman hiburan, ada season 2 aja saya udah seneng banget kok ^_^

Episode favorit: ep 12

3. キルラキル (Kill la Kill)

Sutradara: 今石洋之 (Hiroyuki Imaishi)
Studio animasi: TRIGGER
Tanggal penayangan original: 2013.10.04 – 2014.03.28 (Q4 2013 – Q1 2014)

Setelah sukses dengan anime pendek リトル ウィッチ アカデミア (Little Witch Academia), Trigger membuat serial anime original pertamanya, Kill la Kill. Disutradarai Hiroyuki Imaishi yang terkenal dengan 天元突破グレンラガン (Tengen Toppa Gurren Lagann), di anime Kill la Kill ini dia juga menggunakan art style yang sama dengan art sytle Gurren Lagann. Banyak yang bilang kalo suka Gurren Lagann, pasti akan suka Kill la Kill. Kalo saya agak beda, soalnya saya gak begitu suka Gurren Lagann tapi suka banget dengan Kill la Kill.

Seperti yang bisa ditebak dari judulnya, anime ini bergenre action. Menceritakan 纏流子 (Ryuuko Matoi), siswi pindahan di 本能字学園 (Honnouji Gakuen, Akademi Honnouji) yang mencari pembunuh ayahnya.

Style anime ini mirip banget sama Gurren Lagann, karena adegan-adegan actionnya yang over-the-top. Tapi menurut saya, karakter dan cerita Kill la Kill jauh lebih bagus dibandingin Gurren Lagann. Saya juga suka banget font merah tebal dan monochrome pixellated art yang banyak digunakan di anime ini. Ceritanya juga susah ditebak dan endingnya pun sangat memuaskan, termasuk kelanjutan dari endingnya yang bisa dilihat di rilis DVD/BDnya (ep 26).

Bagi yang gak tertarik dengan Kill la Kill karena liat kostum battlenya yang super terbuka, sayang banget... Buat saya, kostum ini gak mengganggu kepuasan saya nonton Kill la Kill, dan lagi pakaian memang merupakan tema utama di anime ini (judul anime ini homofon dengan 着る (kiru) yang berarti "memakai baju."

Setelah Kill la Kill, saya sangat nantiin anime produksi Trigger berikutnya. 異能バトルは日常系のなかで (Inou Battle wa Nichijoukei no Naka de) yang tayang di tahun 2014 juga sebenernya berpotensi bagus, tapi sayang genrenya Inou Battle gak konsisten di setiap episode, jadi ceritanya kayak loncat-loncat dan gak nyambung dengan episode sebelumnya :(

Episode favorit: ep 17

2. ノーゲーム・ノーライフ (No Game No Life)

Sutradara: いしづかあつこ (Atsuko Ishidzuka)
Studio animasi: マッドハウス (MADHOUSE)
Tanggal penayangan original: 2014.04.09 – 2014.06.25 (Q2 2014)

Diadaptasi dari light novel berjudul sama, No Game No Life (selanjutnya akan saya singkat NGNL) menceritakan sepasang kakak adik gamer bernama (Sora) dan (Shiro). Mereka yang dikenal sebagai 『 』 (Kuuhaku, artinya "kosong", yang merupakan bacaan kanji dari gabungan nama mereka yaitu 空白) adalah gamer terbaik di dunia dan gak terkalahkan. Suatu hari, mereka berdua dikirim oleh Tuhan ke suatu dunia dimana semuanya ditentukan dengan permainan.

Hal pertama yang saya perhatiin di NGNL adalah warnanya yang sangat bernuansa merah. Ternyata Madhouse memakai warna merah sebagai warna outline setiap karakter dan obyek, bikin art style anime ini cukup unik :)

Sora dan Shiro adalah dua individu yang super jenius. Kalo dibandingin dengan karakter anime lain, kepintaran mereka setingkat dengan karakter-karakter manipulatif jenius seperti 夜神月 (Light Yagami) dari DEATH NOTE atau ルルーシュ・ランペルージ (Lelouch Lamperouge) dari コードギアス (Code Geass). Dalam bermain game, pemikiran mereka sudah maju 5 langkah di saat lawan mereka baru maju selangkah. Makanya di NGNL banyak banget adegan yang bisa bikin kita teriak kagum saat Kuuhaku kalahin lawannya.

Para gamer juga akan lebih terpesona dengan NGNL karena banyak trivia-trivia tentang video game yang tentunya cuma bisa diketahui gamer, contohnya dari 逆転裁判 (Gyakuten Saiban, Ace Attorney), Civilization, dan Skyrim. Tapi bagi para non-gamer tenang aja, nonton NGNL tanpa tahu soal video game gak akan mengurangi kepuasannya.

Kill la Kill dan NGNL menurut saya sudah sempurna dan mendapatkan skor 10 dari saya. Omega good job! Tapi beda dengan Kill la Kill, anime NGNL ini hanya 1 cour (12 episode) dan cerita di endingnya masih gantung dan belum selesai. Ayo Madhouse, ditunggu ya season ke-2 nya... ^_^

Episode favorit: ep 6

1. HUNTER×HUNTER (2011)

Sutradara: 神志那弘志 (Hiroshi Koujina)
Studio animasi: マッドハウス (MADHOUSE)
Tanggal penayangan original: 2011.10.02 – 2014.09.23 (Q4 2011 – Q3 2014)

Dan anime terbaik tahun 2014 versi Wibo adalah sebuah anime shounen, Hunter×Hunter (selanjutnya akan saya singkat H×H). Walaupun saya agak enggan untuk menempatkan anime bergenre shounen di tempat pertama, tapi memang gak ada tempat yang lebih pantas lagi untuk H×H selain di nomor 1.

Bagi kalian yang tinggal di dalam gua selama 15 tahun terakhir ini dan gak tau apa itu H×H, saya akan jabarkan lagi. H×H adalah manga karangan 冨樫義博 (Yoshihiro Togashi) yang sampai saat ini statusnya masih ongoing karena jadwal rilisnya yang sangat gak tentu, makanya sering disebut Hiatus×Hiatus oleh para fans. H×H sempat diadaptasi menjadi anime pada tahun 1999 oleh 日本アニメーション (Nippon Animation) dilanjutkan dengan 3 OVA yang mencakup cerita York Shin dan Greed Island. Anime 1999 buatan Nippon Animation ini sempat ditayangkan di TV lokal dengan dub Indonesia. Pada tahun 2011, Madhouse kembali menganimasikan H×H dari awal sampai dengan akhir cerita Pemilu Ketua Hunter karena cerita selanjutnya masih ongoing di manga.

Cerita H×H berawal dari seorang anak bernama ゴン=フリークス (Gon Freecss) yang pergi bertualang karena ingin bertemu dengan ayahnya, ジン=フリークス (Ging Freecss) yang berprofesi sebagai Hunter. Dalam petualangannya, Gon bertemu dengan キルア=ゾルディック (Killua Zoldyck) yang kemudian menjadi sahabat baiknya.

Gak berlebihan rasanya kalo saya bilang cerita H×H adalah masterpiece. Walaupun saya udah pernah tonton anime 1999 dan tau jalan ceritanya sampai dengan akhir Greed Island, tapi saya tetap kagum dengan cerita H×H. Cerita selanjutnya yang baru pertama kali dianimasikan oleh Madhouse adalah Chimera Ant dan Pemilu Ketua Hunter. Chimera Ant adalah cerita sangat panjang yang epic karena benar-benar menguras emosi penonton. Sedangkan cerita selanjutnya, Pemilu Ketua Hunter berhasil menutup anime ini dengan sangat baik. Saya gak akan tulis lebih jauh lagi karena gak ada kata-kata yang bisa mendeskripsikan anime H×H ini, silakan langsung ditonton aja.

Episode favorit: ep 135

Demikian top 10 anime tahun 2014 versi saya. Sebenernya masih ada beberapa anime yang saya tertarik untuk nonton tapi blom sempet, seperti さばげぶっ! (survival game club!), 結城友奈は勇者である (Yuuki Yuuna wa Yuusha de Aru), dan 六畳間の侵略者!? (Rokujouma no Shinryakusha!?). Tapi saya yakin top 10 ini udah solid banget kok, haha...

Semoga anime tahun 2015 gak kalah bagusnya dari 2014. Soalnya kalo diliat dari judul-judulnya sih lumayan meyakinkan. Anime 2015 yang paling saya nantikan yaitu アイドルマスター シンデレラガールズ (THE IDOLM@STER CINDERELLA GIRLS), karena THE IDOLM@STER adalah salah satu anime favorit saya. Selain itu, saya juga gak sabar nunggu season 2 dari デュラララ!! (Durarara!!) dan ニセコイ (Nisekoi), dan juga adaptasi anime dari manga terkenal 暗殺教室 (Ansatsu Kyoushitsu) dan 食戟のソーマ (Shokugeki no Souma). Gak lupa kelanjutan dari anime-anime yang sekarang masih ongoing seperti 寄生獣 セイの格率 (Kiseijuu: Sei no Kakuritsu), 四月は君の嘘 (Shigatsu wa Kimi no Uso), dan 七つの大罪 (Nanatsu no Taizai).

Ranking tambahan: Top 10 waifu tahun 2014 versi Wibo

Perhatian: Mengeklik link-link di bawah akan langsung nampilin hasil pencarian di Google Images, kemungkinan bisa muncul spoiler atau gambar-gambar NSFW, resiko ditanggung sendiri.

10. 北山雫 (Shizuku Kitayama) dari 魔法科高校の劣等生 (Mahouka Koukou no Rettousei)
9. チャイカ・トラバント (Chaika Trabant) dari 棺姫のチャイカ (Hitsugi no Chaika)
8. 神堂慧理那 (Erina Shindou) dari 俺、ツインテールになります。 (Ore, Twintail ni Narimasu)
7. 片山実波 (Minami Katayama) dari Wake Up, Girls!
6. Yuuki dari ソードアート・オンラインII (Sword Art Online II)
5. 蛇崩乃音 (Nonon Jakuzure) dari キルラキル (Kill la Kill)
4. 壱級天災 (Tensai Ikkyuu) dari 龍ヶ嬢七々々の埋蔵金 (Ryuugajou Nanana no Maizoukin)
3. マイン (Mine) dari アカメが斬る! (Akame ga Kill!)
2. 佐倉千代 (Chiyo Sakura) dari 月刊少女野崎くん (Gekkan Shoujo Nozakikun)
1. 藤宮香織 (Kaori Fujimiya) dari 一週間フレンズ。 (Isshuukan Friends)


No comments:

Post a Comment