January 7, 2013

Ulasan: 2013.01.05 Team J 1st Stage "Renai Kinshi Jourei" 14:00



Akhirnya setelah sekian lama, pada tanggal 5 Januari 2013 saya berhasil menonton pertunjukan J1 dari JKT48 Team J yaitu 恋愛禁止条例 (Renai Kinshi Jourei) yang diterjemahkan jadi "Aturan Anti Cinta". Eh kok J1? Gak salah ya, bukannya J2? Menurut wikipedia Jepang, Renai Kinshi Jourei adalah setlist pertama Team J, sedangkan Pajama Drive digolongkan sebagai setlist kenkyuusei JKT48. Oh iya, sekedar informasi, dari seluruh tim pada grup 48, Team J adalah tim pertama setelah Team A yang mendapat kesempatan membawakan setlist Renai Kinshi Jourei ini :)

Ini adalah kali pertama saya menonton JKT48 di teater permanen mereka di FX. Sebelumnya saya baru pernah menonton mereka sekali membawakan Pajama Drive sewaktu teaternya masih temporer di Gedung Nyi Ageng Serang, Kuningan. Saya akan coba jelaskan dengan lengkap bagaimana cara agar bisa menonton JKT48 di teater FX.




Persiapan

Bagi yang belum tahu, untuk mendapatkan tiket teater JKT48 gak bisa dengan cara langsung datang ke teater lalu beli tiket di loket. JKT48 menggunakan cara yang sama dengan semua sister groupnya di Jepang, yaitu dengan 'lotre' alias diundi. Caranya gampang kok, tinggal kirim email dengan format yang ada di website resmi JKT48. Cari tanggal pertunjukan (theater date) yang ingin kita tonton, lalu kirim email pada waktu yang sesuai di tabelnya. Untuk penonton yang berdomisili di luar Jabodetabek atau untuk penonton yang sudah mendaftar menjadi anggota Official Fans Club, bisa mengirim email pada waktu yang tercantum di kolom Ticket.Far/Ticket.OFC. Sedangkan semua orang bisa mengirim email pada waktu yang tercantum di kolom Ticket.General. Ikuti dengan baik cara pemesanan tiket dan peraturannya, karena kalau kita salah kirim, pasti gak akan terpilih :)

Apabila kita terpilih, kita akan mendapatkan email konfirmasi dari JKT48, biasanya email ini akan dikirim satu hari sebelum tanggal pertunjukan. Jadi kalau pada hari-H masih belum dapat email, berarti kita belum beruntung untuk mendapatkan tiket. Bagi para penonton yang tidak dapat email konfirmasi tetapi tetap ingin menonton pertunjukan, bisa dengan キャンセル待ち (kyanseru machi) atau biasa disebut disini "waiting list". Akan saya jelaskan lebih lanjut nanti.

Sebelum berangkat ke FX, ada 3 hal yang harus dipersiapkan. Pertama, print dulu email konfirmasi yang kita terima. Kedua, bawa kartu identitas asli (KTP, SIM, kartu pelajar, dll) dengan nama yang sesuai pada email yang dikirim. Terakhir, jangan lupa membawa uang buat beli tiket. Harga tiket show di hari kerja adalah Rp50.000, sedangkan harga tiket show di hari libur adalah Rp100.000. Mahal ya? Percaya deh, setelah nonton, kita akan berpikir bahwa tarif tersebut sangat murah dibanding kualitas pertunjukannya :) Oh iya, biar nontonnya lebih seru, sangat disarankan untuk bawa lightstick dan juga saputangan.

Untuk mencapai FX sangat mudah, karena mall ini terletak di Jalan Sudirman yang merupakan jalan utama di Jakarta. Banyak sekali angkutan umum yang lewat FX, yaitu:
  • Agung Bhakti 89 Blok M-Tanjung Priok
  • AJA P AC 138 Blok M-Poris Plawad
  • Bianglala AC 76 Ciputat-Senen
  • Bianglala AC 143 Depok-Grogol
  • Jasa Utama 125 Blok M-Tanjung Priok
  • Kopaja AC 13 Ragunan-Slipi
  • Kopaja 19 Ragunan-Tanah Abang
  • Kopaja 66 Blok M-Manggarai
  • PPD AC 16 Lebak Bulus-Rawamangun
  • PPD 45 Blok M-Poris Plawad
  • PPD 67 Blok M-Senen
  • Mayasari Bakti AC 05 Blok M-Bekasi
  • Mayasari Bakti 27 Blok M-Bekasi
  • Mayasari Bakti AC 34 Blok M-Poris Plawad
  • Mayasari Bakti AC 49 Blok M-Tanjung Priok
  • Transjakarta, turun di halte Gelora Bung Karno
  • Semua bis feeder perumahan yang menuju Ratu Plaza
  • Bagi pengguna KRL, turun di stasiun Sudirman lalu naik Kopaja 19 arah Ragunan/Blok M, atau naik transjakarta kor 1 arah Blok M turun di halte Gelora Bung Karno.

Tampak depan teater JKT48

Teater JKT48 terletak di lantai 4 (F4) mall FX. Gampang banget kok diidentifikasinya, lihat aja tempat yang selalu ramai dikerumunin oleh para cowok, hehe... Masalahnya, bagi orang yang baru pertama kali menonton disini pasti akan bingung karena gak ada petunjuk yang jelas, dasar kebiasaan orang Indonesia... Akhirnya saya harus tanya-tanya ke para penonton lain deh... Saya coba bikin gambar layoutnya untuk antrian tiket biar gampang dimengerti.

Layout antrian tiket (hanya sketsa kasar, tidak sesuai skala)

Garis putus-putus di gambar adalah bagian depan teater. Pada jam penukaran tiket yang sudah ditentukan, yaitu 11:30-13:00 untuk show siang atau 16:30-18:00 untuk show malam, penonton yang sudah mendapatkan email konfirmasi (panah orange) antri dari sisi kanan teater, di samping antrian pembelian merchandise (panah hijau). Karena waktu untuk mengantri cukup lama, sebaiknya kita langsung menyiapkan hasil print-out email konfirmasi, kartu identitas, dan uang untuk membeli tiket, agar bisa langsung diserahkan di ticketing untuk mempercepat antrian tiket. Untuk penonton rombongan (lebih dari 1 orang) yang mau duduk sebaris, sebelum masuk ticketing bisa bilang ke security di dekat ticketingnya berapa orang rombongannya agar semuanya bisa mendapatkan nomor bingo yang sama. Nanti akan saya jelaskan apa fungsi dari nomor bingo ini.

Tiket teater JKT48

Di loket, JKT48 Operation Team akan memeriksa validitas identitas dan membandingkannya dengan data email yang mereka kirim. Apabila semua sudah sesuai, tiket akan diberikan, lalu tangan kita akan distempel oleh security saat keluar dari ticketing. Mungkin tujuannya agar kita gak bisa memindahtangankan tiket yang telah dijual ya? Sayangnya stempel ini gampang luntur, karena setelah saya mengambil air wudhu, stempel di tangan saya langsung jadi pudar. Dan sebelum masuk kedalam teater pun, stempel ini juga gak dicek kembali. Setelah tiket diterima, kita punya waktu luang untuk makan (karena didalam teater dilarang membawa makanan dan minuman) dan sholat, sampai waktu bingo yaitu 20 menit sebelum show dimulai.

Sedangkan untuk para calon penonton yang tidak mendapatkan email konfirmasi, bisa mengantri pada antrian waiting list (panah merah). Calon penonton di antrian waiting list baru bisa membeli tiket setelah waktu penukaran tiket untuk para pemegang email konfirmasi sudah habis. Jadi masuk atau tidaknya mereka tergantung jumlah tiket yang tidak ditukar. Waktu saya datang ke FX jam 10:00, di antrian waiting list ini sudah ada sekitar 100 orang pengantri, padahal kapasitas teater JKT 48 hanya 210 orang dan para pemegang email konfirmasi yang datang kira-kira saya hitung jumlahnya sudah hampir 200 orang. Yang berarti, sebagian besar mereka yang sudah antri lama dari pagi tetap tidak bisa mendapatkan tiket. Jadi bagi para calon penonton yang ingin mendapatkan tiket lewat waiting list, harus berjuang keras untuk datang paling pagi di FX :)

Layout antrian bingo dan panggung (hanya sketsa kasar, tidak sesuai skala)

Pada waktu bingo, para pemegang tiket berbaris di depan pintu teater (panah orange) sesuai nomor bingonya. Nomor paling kecil (1) baris di paling kiri dekat ticketing, sedangkan nomor paling besar (12?) baris di paling kanan dekat merchandise booth. Nanti staf JKT48 akan mengundi dan menyebutkan nomor bingo berapa yang akan masuk lebih dulu. Sebenernya sih kita gak harus berbaris sesuai nomor, asal bisa mendengarkan nomor bingo berapa yang disebutkan oleh staf. Tapi lebih baik kalau kita berada di dekat para penonton yang memiliki nomor bingo yang sama dengan kita, karena volume suara staf di megafon kalah jauh oleh riuh para penonton yang sedang antri. Jadi kalau gak terdengar, kita bisa tahu nomor bingo kita disebutkan apabila penonton yang nomornya sama bergerak ke depan :)

Sebelum nomor bingo diundi, para pemegang tiket Far akan dipersilahkan masuk lebih dahulu karena ada kursi yang khusus diperuntukkan ke mereka. Beruntung, nomor bingo saya dipanggil urutan ke-3, jadi saya bisa mendapatkan tempat duduk baris ke-2 dari depan panggung ^_^ Karena semakin depan tempat duduk kita, semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan eye contact dari para member.

Oh iya, didalam teater ada 2 tiang penyangga gedung yang posisinya ada di pojok kiri dan kanan panggung, seperti pada teater AKB48 di ドン・キホーテ (Don Kihoote, Don Quijote). Jadi ada blind spot bagi para penonton yang duduk di balik tiang karena pandangan ke panggung akan terhalang tiang tersebut.

Didalam teater, diputar versi off-vocal dari lagu-lagu setlist B3 パジャマドライブ (Pajama Doraibu, Pajama Drive). Cukup lama juga sih, mulai dari 初日 (Shonichi) sampai 天使のしっぽ (Tenshi no Shippo), kira-kira sekitar 20 menit, baru lampu dimatikan dan overture dimulai. Mohon maaf didalam teater tidak boleh mengambil gambar, jadi hanya akan ada review berupa tulisan dari saya. Lagipula kalau kita sibuk mengambil gambar, kita tidak akan bisa menikmati suasana pertunjukan... Pada review dibawah ini saya akan banyak membandingkan J1 dengan A5 karena lagu yang dibawakan sama, yang membedakan hanya lagu-lagu J1 telah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia. Oke, sudah cukup basa-basinya, saatnya pertunjukan dimulai!

M00. overture (JKT48 ver.)

影アナ (kageana, pemberitahu) pada show ini adalah Ayana, atau biasa dipanggil dengan Achan. Diberitahukan bahwa pada show ini Jeje tidak dapat melakukan show karena kurang sehat, jadi setlist J1 hanya akan dibawakan oleh 15 orang yang tersisa :( Seperti biasa, penonton sangat bersemangat melakukan chant setelah overture dimulai. J-K-T-Forty Eight! Sore sore sore sore~

M01. Nagai Hikari (長い光); Cahaya Panjang

Bagian solo Takamina di lagu ini dinyanyikan oleh Stella. Wow, suaranya bagus banget! Pada A5, di bagian awal, para member keluar dari dinding yang bisa berputar di belakang panggung. Karena teater JKT48 tidak memiliki dinding seperti ini, para member hanya keluar dari balik kain hitam di belakang panggung. Tapi hal ini gak mengurangi kualitas dari performance mereka. Kompak banget, saya gak melihat ada kesalahan gerak pada lagu ini.

M02. Squall no Aida ni (スコールの間に); Di Tengah Hujan Badai Tiba-Tiba

Salah satu lagu favorit saya di A5, entah kenapa saya banget suka sama koreografinya dimana seakan-akan member kehujanan, dan di tengah lagu ada 5 member yang keluar dari backstage dengan mengambil payung. Bagus banget, termasuk performance para kenkyuusei di akhir lagu, sangat enerjik! Dengan performance kenkyuusei yang seperti itu, saya jadi sangat tertarik untuk menonton kenkyuusei kouen JKT48 :)

M03. JK Nemurihime (JK眠り姫); Gadis SMA Putri Tidur
Catatan: JK adalah singkatan dari 女子高生 (joshikousei) yang artinya "cewek SMA"

Disini member berganti kostum. Kostumnya mirip dengan yang dipakai di A5, tetapi kostum J1 ditambahkan bagian kain kotak-kotak berwarna hijau putih, terlihat unik dan bagus :) Sayangnya pada lagu ini kostum Dhike mengalami malfungsi karena kancing depannya lepas, jadi Dhike agak sibuk mencoba merapatkan kostumnya di lagu ini.

M04. Kimi ni Au Tabi Koi wo Suru (君に会うたび 恋をする); Jatuh Cinta Setiap Bertemu Denganmu)

Untungnya ketakutan saya akan lirik "Let's Go! Everybody!" di bridge lagu diubah kedalam bahasa Indonesia tidak terbukti, liriknya tetap tidak diubah :) Sampai dengan lagu ini, kualitas performance member sangat bagus, ekspresi wajah mereka sesuai dengan pembawaan lagunya ^_^ Sepertinya setelah lagu ini, Delima langsung keluar ke backstage dan tidak ikut MC karena kondisi badannya yang tidak fit.

MC1

Pada sesi MC pertama ini, topik jikoshoukainya adalah "bagaimana apabila member dicontekin sama cowok yang dia suka?"
  • Rica: Aku kasih dong, tapi nanti dia harus traktir aku kopi.
  • Ayana: Sama, aku kasih contekan juga, kan aku suka sama dia.
  • Melody: Boleh, tapi ada syaratnya. Setelah pulang, kita harus belajar bareng berdua aja ya... (penonton langsung "wuoooh")
  • Haruka: Tidak tahu! Tidak mengerti! (penonton pada ketawa semua) *kemudian dijelasin Achan* Kasih tau (penonton tepuk tangan meriah)
  • Kinal: Di contekannya aku tulis juga email Friendster aku, tolong diadd ya... (yup, Kinal bilang Friendster, emang masih ada yg pake ya? -_-)
  • Sonia: (sebelum Wawa ngomong, penonton pada teriak "nangis, nangis") Nggak dong! Aku sih mau kasih contekan, tapi pasti jawabannya salah semua.
  • Veranda: Mau contekan? Kata siapa gratis, anterin pulang dulu dong...
  • Dhike: Yakin cuma contekan doang? Gak mau yang lain lagi nih?
  • Beby: Gak cuma aku kasih contekan, tapi aku kasih email verifikasi juga biar dia bisa dateng ke teater.
  • Stella: Mau? *pose kasih ciuman dengan meniup tangan di depan mulutnya*
  • Nabilah: Cium dulu dong... (penonton bilang "gak bisa, masih kecil!")
  • Shania: Berani kasih apa? (kelihatan banget muka Shanju sangat pucat disini)
  • Sendy: Wani piro, tampan?
  • Cindy: Aku sih mau kasih contekan, tapi karena aku orangnya pemalu, jadi biasa aja, gak minta apa-apa ke dia.

M05. Kuroi Tenshi (黒い天使); Malaikat Hitam
Member: Melody, Kinal, Rica

Seharusnya unit song ini dibawakan oleh Jeje, tapi karena Jeje tidak bisa perform, akhirnya diganti oleh Kinal sehingga dia membawakan double unit song. Jarang-jarang nih liat Kinal bawain lagu seksi, feelnya dapet lho! :) Untuk gerakan saat Melody 'dirantai' di dinding, karena teater JKT48 tidak ada dindingnya, jadi Melody hanya menggantung tangannya di kain belakang teater. Melody dan Rica juga membawakan unit song ini dengan ekspresi murung yang sangat baik.

M06. Heart Gata Virus (ハート型ウイルス); Virus Bentuk Hati
Member: Haruka, Ayana, Sonia

Haruka gak perlu ditanya lagi kemampuannya, sebagai mantan member AKB48 pembawaannya sangat sempurna. Achan agak kurang lincah disini, tapi Wawa cukup bagus. Untuk catchphrasenya Maimai di bridge lagu yang "絶対にありえない! そう思ってたけど なんだか私 あなたのことが好きみたい (zettai ni arienai! sou omotteta kedo, nandaka watashi, anata no koto ga suki mitai)", yang ngomong adalah Wawa, tapi dia ngomongnya gak jelaaass, yang kedengeran cuma bagian akhirnya "tapi aku suka kamu!" :(

M07. Renai Kinshi Jourei (恋愛禁止条例); Aturan Anti Cinta
Member: Stella, Beby, Ve

Gak ada masalah disini, ketiga member bisa kompak di lagu ini. Yang paling bagus menarinya udah pasti Beby, akibatnya kualitas Stella dan Ve jadi kebanting waktu solo dance di bridge lagu :)

M08. Tsundere! (ツンデレ!); Tsundere!
Catatan: Tsundere adalah istilah yang merupakan gabungan dari kata ツンツン (tsuntsun, jaim) dan デレデレ (deredere, perasaan ingin mencintai), yang berarti orang yang sok jaga image atau membenci seseorang tapi sebenarnya di dalam hatinya dia menyukai orang tersebut.
Member: Nabilah, Cindy, Sendy

Ketiga member imut ini sekarang harus membawakan lagu yang centil. Agak gimana gitu ya imagenya, soalnya saya tiap denger lagu ini selalu membayangkan member aslinya di A5 yaitu Tomochin yang 'nakal', jadinya kurang dapet aja feelnya kalo dibawakan member J1 yang imut-imut, hehe... Tapi udah cukup bagus kok performance mereka.

M09. Manatsu no Christmas Rose (真夏のクリスマスローズ); Bunga Mawar Natal Musim Panas
Member: Dhike, Shania, Delima, Kinal

Di unit song ini Delima kembali masuk panggung, dan merupakan lagu terakhirnya karena setelah ini dia tidak keluar lagi dari backstage. Karena ada dua member yang tidak sehat, yaitu Shania dan Delima, maka pembawaan lagu ini pun paling tidak memuaskan. Untuk kostumnya menurut saya lebih bagus J1 dibandingkan A5, disini kostumnya memakai rok ungu yang berenda-renda, lebih cocok dengan suasana lagunya. Walaupun ada dua member yang tidak sehat, untungnya ada para kenkyuusei yang menjadi backdancer dengan kostum cheerleader (maaf, saya sama sekali gak kenal nama mereka), dan performance mereka menurut saya udah lumayan bagus.

MC2

Tema dari sesi MC kedua ini adalah Haruka belajar bahasa Indonesia. Awalnya sih Haruka ditanya-tanyain pertanyaan standar sama member. "Haruka cantik?" Dia jawab "cantik!" "Haruka gendut?" Dia jawab "tidak!" Kemudian Haruka disuruh nyanyi lagu Indonesia tentang hari, "Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu, itu nama-nama hari." Penonton langsung kasih applause meriah karena Haruka lancar banget nyanyinya.

Abis itu Haruka ditanya umurnya berapa, dia bisa jawab "dua puluh", trus akhirnya jadi maen ledek-ledekan. Yang saya inget, Haruka manggil Rica dengan "nenek Rica" dan bilang umur Melody lima puluh. Pas Haruka ditanya "Haruka lapar?" dijawab iya "soto enak, sambal juga enak," yang dikomentarin para member "baru kali ini lho ada orang Jepang doyan pedes" dan penonton pun tertawa.

Haruka juga disuruh bertanya tapi dalam bahasa Indonesia. Yang dia tanya adalah "AKB48 suka?", kita semua jawab "suka!" "JKT48 suka?" "suka!" "sekali?" "sekali!" dilanjutkan dengan tepuk tangan penonton. Terakhir, Haruka disuruh ngomong bahasa Sunda sama Sendy "kumaha damang?" tapi Haruka bilangnya "kudaha madang" dan seisi teater langsung ngakak. Haruka juga disuruh ngomong "ular melingkar di pagar rumah Pak Umar." Tapi karena dia susah bilang Umar, bilangnya Umaru, member langsung spontan benerin "Umar", eh Haruka nya bilang lagi "Umaru!" Hahaha...

M10. Switch; Saklar

Apa perasaan saya aja, atau di awal lagu ini, musiknya memang agak lama diputar ya? Soalnya ada kira-kira 10 detik member sudah menjadi patung, baru musiknya diputar. Mulai dari lagu ini, member yang tampil hanya 14 orang karena Delima tidak dapat melanjutkan pertunjukan. Kostumnya mirip banget dengan kostum berbulu dari A5, tapi jumlah bulunya lebih sedikit. Mungkin rontok, soalnya saya liat beberapa helai bulu dari kostum beterbangan sewaktu lagu ini dibawakan, hehe...

M11. Marukyuu (109); Marukyuu
Catatan: 109 (Ichimarukyuu, tetapi dibaca sebagai Marukyuu pada lagu ini) adalah mall yang sangat terkenal yang menjadi icon daerah 渋谷 (Shibuya).

Saya gak komentar banyak, performance mereka udah bagus di lagu ini, termasuk pada bagian member menyanyi solo yang hanya disorot oleh satu lampu dan lampu lainnya dimatikan. Yang agak berbeda adalah bagian bridge dimana cuma ada dua member yang saling berpelukan, karena aslinya ada tiga member yang berpelukan sedangkan member lainnya menari di sisi kiri penonton, mungkin penyebabnya karena lagu ini cuma dibawakan oleh 14 orang.

M12. Hikoukigumo (ひこうき雲); Jejak Awan Pesawat

Salah satu lagu stage AKB48 yang paling terkenal, karena lagu ini terdapat didalam single RIVER dan album 神曲たち (Kamikyokutachi) yang merupakan awal kesuksesan AKB48. Di reff lagu ini, member akan memutar-mutar sapu tangan merah diatas kepala, dan sangat menyenangkan bagi para penonton untuk melakukan kecha (mengikuti gerakan tangan member), kalau gak bawa sapu tangan tinggal memutar lightstick atau tisu juga gak masalah kok :) Jangan lupa juga untuk tepuk tangan 2x pada pre-reff lagu ini. Saya gak inget lirik Indonesianya, pokoknya sewaktu bagian "サヨナラ (sayonara) *plok plok* つぶやく (tsubuyaku) *plok plok* 君の表情は (kimi no hyoujou wa) 陽射しが (higashi ga) *plok plok* 届かず (todokazu) *plok plok*" dan seterusnya. Performance oke, semua member terlihat bersemangat walaupun Shanju mukanya semakin pucat, tapi dia tetap bisa tersenyum.

MC3

Pertamanya Stella bilang "gimana kalo kali ini kita troll Haruka?" Tapi entah kenapa topiknya malah jadi pertanyaan "bagaimana kalau guru melihat murid yang nyontek" dan kemudian berubah lagi menjadi "bagaimana ekspresi guru yang sedang marah" soalnya member gak ada yang bisa jelasin ke Haruka. Saking frustasinya Haruka karena tidak mengerti apa yang lain coba jelaskan, berkali-kali dia mencoba kabur ke backstage, hahaha... Kemudian Haruka kembali ditanya pertanyaan-pertanyaan dasar. Yang kocak, waktu Haruka ditanya "Dhike cantik?" dia jawab "cantik!", "Nabilah pintar?" dia jawab "pintar!", tapi pas yang ditanya bagian Stella jawabannya selalu "tidak!". Akhirnya backfire deh ke Stella, yang tadinya niat mau ngetroll Haruka malah ditroll sama Haruka :D Stella ngambek setelah Haruka berkali-kali menjawab tidak setuju untuk pertanyaan tentang Stella, kemudian Haruka langsung mendekati Stella dan memeluknya. Auuuggh, so sweet... ^_^

Kemudian gantian, setelah setengah member selesai berganti pakaian untuk lagu terakhir, Haruka dan kawan-kawan yang masuk backstage. Untuk grup kedua ini topik MCnya semakin gak jelas, ngomongin rambut. Sendy yang baru lurusin rambut, Kinal yang rambutnya agak dikeriting, Cindy yang 'antenanya' menghilang (maksudnya twintail), yang saya inget itu doang sih saking kagak jelasnya MC ini :P

M13. Ano Koro no Sneakers (あの頃のスニーカー); Sneakers Waktu Itu

Saya gak begitu suka lagu ini, karena menurut saya sangat plain alias datar sebagai lagu terakhir, dan koreografinya pun kurang menarik. Kostum yang dipakai untuk J1 ini adalah t-shirt putih dengan gambar hati di dada kiri tapi ada tulisannya, kalau saya gak salah tulisannya "Team J". Tentunya para member juga menggunakan sepatu sneaker :)

E1. JKT Sanjou! (versi aslinya: AKB参上!, AKB Sanjou!); JKT Datang!

Sebelum lagu ini dimulai, para penonton terlebih dahulu melakukan encore. Ternyata encorenya menggunakan encore yang sama dengan di Jepang, yaitu meneriakkan "アンコール (ankooru)" berulang-ulang sampai lagu encore dimulai. Karena waktu saya nonton JKT di J-Pop Culture Festival dan di teater temporer, panggilan encorenya adalah meneriakkan "Jeketi! Forty Eight!" berulang-ulang. Bagus deh kalau udah pakai panggilan encore yang standar :)

Member lalu keluar dari backstage dengan menyorot cahaya senter yang diikat di pergelangan tangan ke arah penonton, ini merupakan salah satu lagu AKB48 favorit saya. Chant penonton juga sangat semangat, begitu pula dengan para member. Pokoknya nikmatin aja deh, walaupun lirik lagu ini menurut saya adalah yang paling aneh di setlist J1 ini. Reffnya yang seharusnya ada delapan suku kata (我らがAKB, wa-re-ra ga ei-ke-i-bii) disini cuma diterjemahin jadi enam suku kata "we are je-ke-i-ti", menurut saya bisa lebih dipasin jadi "ka-mi a-da-lah je-ke-ti." Ya sudahlah, nikmatin aja, gak bisa diapa-apain juga kan?

E2. Namida no Shinkokyuu (ナミダの深呼吸); Tarikan Nafas Air Mata

Karena ketidaklengkapan member yang tampil, lagu ini agak aneh ditonton sewaktu bagian dimana member berpasang-pasangan. Akibatnya ada yang janggal karena terdapat member yang harus bergerak sendiri tanpa ada lawannya.

E3. Oogoe Diamond (大声ダイヤモンド), Teriakan Berlian

Salah satu lagu AKB48 favorit banyak orang, tentunya semua sangat bersemangat pada lagu ini. Saya pribadi suka banget dengan gerakan saat member 'menembak'. Komentar saya cuma satu, sewaktu bagian reff pertama yang liriknya 僕は全力で走る (boku wa zenryoku de hashiru) (maaf gak inget lirik Indonesianya) kok nadanya agak aneh ya? Beda dari versi aslinya... Dan sepertinya para penonton juga belum tahu chant meneriakkan kata "suki" di akhir lagu, bersamaan sewaktu member menyanyikan 好きって言葉は最高さ (sukitte kotoba wa saikou sa), kalau versi Indonesianya "suka itu kata paling hebat" -_-

Setelah selesai, seperti biasa member melakukan group photoshoot membelakangi para penonton, kemudian seluruh member memberi salam membungkuk kepada para penonton sebelum akhirnya berdadah-dadahan dan keluar dari stage. Achan sebagai kageana lalu memberitahukan bahwa karena kondisi kesehatan yang kurang fit, Delima dan Shania tidak dapat mengikuti sesi high touch (tos).

Hasil dari group photoshoot J1 2013.01.05 14:00. Saya gak keliatan di foto soalnya ada di ujung kiri panggung :(

Penonton kemudian berbaris keluar dan melakukan tos dengan 13 member Team J ditambah 6 member kenkyuusei. Sayangnya tiga member kenkyuusei (saya gak kenal nama mereka) yang berbaris paling akhir gak niat banget tosnya, dan mereka bertiga asyik mengobrol tanpa melakukan eye contact kepada penonton. Shame on you, jangan harap kalian bisa menarik simpati fans kalau high touch aja udah ogah-ogahan begini, harap kalian ingat bahwa aset utama yang dijual para member 48 adalah fanservice!

Secara keseluruhan saya cukup puas dengan stage J1 ini. Penampilan member Team J sudah bisa dibilang sangat baik. Sebenernya waktu saya apply tiket ini, saya cuma berharap melihat Cindy & Dhike, dua dari tiga member JKT48 favorit saya, tapi ternyata saya malah terpesona dengan Beby & Sendy. Yang saya kaget, ternyata Haruka kemudian juga dimasukkan kedalam list member yang tampil, suatu kebanggaan bisa melihat dia tampil lagi setelah waktu itu saya pertama melihatnya di J-Pop Culture Festival :) Untuk terjemahan lirik lagu, saya juga harus akui bahwa lagu-lagu J1 ini terjemahannya bagus kecuali untuk lagu JKT Sanjou!. Yang kurang disini hanya jumlah member yang tampil tidak lengkap, dan beberapa member juga tampil dengan kondisi tidak fit. Saya beri nilai 7/10 untuk pertunjukan ini. Terima kasih telah membaca review saya yang cukup panjang ini, dan sampai jumpa di pertunjukan selanjutnya! ^_^

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Thaks Gan, Jadi inget lagi pas theater RKJ 5 january kemaren,
    gua di belakang deretan baju Merah, gerombolan anak Karawang.

    ReplyDelete