June 16, 2013

Ulasan: 2013.06.06 JKT48 KKS 2nd Stage "Boku no Taiyou" 12:00 & 16:00


Hari Kamis, 6 Juni 2013 saya dapet kesempatan untuk nonton pertunjukan Kenkyuusei JKT48 (atau resminya disebut sebagai Trainee) dengan setlist kedua mereka yaitu 僕の太陽 (Boku no Taiyou) yang diterjemahkan jadi "Matahari Milikku". Setlist ini diambil dari setlist HG1, aslinya dibawakan oleh ひまわり組 (Himawarigumi, tim Bunga Matahari) yang member-membernya merupakan gabungan dari Team A dan Team K. Selain itu, setlist ini juga pernah dibawakan oleh Team 4 yang sekarang telah dibubarkan.



Perubahan sistem ticketing


Sebelum masuk ke review, saya mau kasih tau dulu perubahan sistem ticketing Teater JKT48 karena tulisan yang sebelumnya saya tulis pada bulan Januari 2013 sekarang udah gak valid lagi :)

Yang pertama, untuk mendapatkan tiket kita gak perlu lagi mengirim email, sekarang caranya jauh lebih gampang. Kita tinggal login ke situs resmi JKT48 (yang belum punya akun, bisa langsung registrasi disini), lalu pilih jadwal pertunjukan yang kita ingin tonton disini. Kira-kira satu hari setelah waktu pemesanan tiket berakhir, kita akan dikirimi email dari JKT48 apabila kita terpilih. Tapi kalo gak dapet email berarti ya gak kepilih, silakan coba lagi untuk jadwal lainnya, atau yang mau uji ketahanan fisik dan mental bisa coba ikut waiting list :) Kalo gak yakin, kita juga bisa melihat status pemesanan tiket di halaman ini, tercantum status kita menang atau kalah.

Lalu pada hari pertunjukan, seperti biasa sebelum berangkat ke FX saya udah print email pengumuman pemenang untuk ditunjukkan kepada kasir saat membeli tiket. Tapi saya perhatiin waktu saya antri beli tiket, ternyata kita gak harus print email tersebut di kertas. Kita juga bisa langsung menunjukkan email tersebut di ponsel atau perangkat elektronik lainnya kepada kasir, lebih mudah dan gak perlu buang-buang kertas beserta tinta printer ^_^

Setelah tiket dibeli, tangan kita akan dicap oleh petugas sekuriti di samping loket. Pastikan aja bahwa stempel telah ditempel di tangan kita, karena tintanya transparan, gak kelihatan oleh kasat mata. Soalnya sebelum masuk, petugas akan mengarahkan lampu ultraviolet ke tangan kita (tintanya akan berpendar menyala) untuk memastikan bahwa tiket tidak dipindahtangankan ke orang lain.

Ada dua warna tiket yang diberikan, yaitu hijau dan biru. Bingo untuk pemegang tiket hijau akan dilakukan 30 menit sebelum pertunjukan dimulai, sedangkan bingo untuk pemegang tiket biru akan dilakukan 15 menit sebelum pertunjukan dimulai. Jadi urutan masuknya adalah: tiket Far (penonton dari luar Jabodetabek), tiket hijau, baru tiket biru. Tapi, pemegang tiket hijau hanya bisa menempati tempat duduk warna hijau di sisi kanan ruangan (sebelah kiri dari panggung), dan sebaliknya pemegang tiket biru hanya bisa menempati tempat duduk warna biru di sisi kiri ruangan (sebelah kanan dari panggung). Untuk pemegang tiket Far disediakan tempat duduk khusus di baris kedua dari bagian kiri (biru).

Show 12:00


Sebelum nonton JKT-KKS2 ini, saya belum pernah sama sekali nonton pertunjukan KKS baik di teater maupun di tv. Saya cuma kenal 3 orang member KKS, yang untungnya ketiganya manggung hari ini. Dua orang saya tahu karena sering banget jadi bahan pembicaraan (Yupi dan Rona), sedangkan satu orang lagi adalah member favorit saya sewaktu jadi backdancer di J1 (Kariin). Walaupun di show ini saya cuma dapat posisi duduk bagian belakang, tapi gak mengurangi semangat saya untuk melihat kayak gimana pertunjukan dari member-member KKS ini ^_^

M00. overture (JKT48 ver.)


影アナ (kageana, pemberitahu) pada show ini yaitu Rachel.

M01. Dreamin' girls; Gadis Pemimpi


Lagu pembuka ini adalah lagu acapella, tanpa musik. Member bernyanyi dengan backsound yang disuarakan mulut beserta tepukan tangan.

M02. RUN RUN RUN; Lari Lari Lari


Sama dengan HG1, para member membuka rompinya disini. Bedanya hanya warna rok yang dipakai di JKT-KKS2 ini berwarna merah. Lagu permulaan yang bagus untuk 'memanaskan' suasana. Menyenangkan sekali untuk mengikuti gerakan tangan member di reff lagu ini :)

M03. Mirai no Kajitsu (未来の果実); Buah Masa Depan


Lagu ini udah beberapa kali dibawakan di acara tv, jadi saya gak mau banyak komentar. Oh iya, bagi yang mau melihat badan member saat mereka menaik-naikkan tangannya dan bajunya ketarik ke atas, maaf Anda kurang beruntung karena semua member pakai baju dalam, ahaha... :P

M04. Viva! Hurricane (ビバ! ハリケーン); Viva! Angin Badai


Lagu favorit saya di setlist HG1. Saya benar-benar kaget karena gak nyangka mereka bisa membawakan lagu ini dengan sangat baik, menurut saya kemampuan KKS di lagu ini bisa dibilang hampir menyamai Himawarigumi. Dengan tidak adanya platform lantai yang bisa naik turun di teater JKT48, mungkin juga menjadi salah satu faktor mereka bisa bergerak dengan lebih leluasa, apalagi waktu gerakan terserap ke pusaran angin di tengah lagu. Keren! ^_^

MC1


Tema jikoshoukai pertama ini adalah "apa hal memalukan yang pernah terjadi di masa lalu member?"
  • Nadila: Waktu kelas 6 SD, pas maju ke depan selagi jadi dirijen upacara, tiba-tiba rok sobek.
  • Kariin: Jatuh waktu lagi bawain lagu Shiroi Shirt sampe backflip.
  • Yuvia (Yupi): Waktu SD pulang naik angkot sama mama, tapi malah salah pegang tangan orang lain. (penonton pada teriak: woo, modus!)
  • Noella: Disuruh maju ke depan kelas dan diketawain teman-teman, ternyata resleting celana kebuka.
  • Naomi: Salah tarik orang lain waktu lagi jalan-jalan ke mall.
  • Della: Lagi belajar kelompok di sekolah, tiba-tiba keluar sesuatu merah-merah. (penonton: apaan tuh?) Ya udah lah, pasti pada tau kan, udah pada gede... *penonton ketawa*
  • Yona: Di Kebun Raya Bogor, adenya jatuh ke kolam. Pas mau ditolongin, malah ikutan ketarik dan nyebur ke kolam juga.
  • Hanna: Ngedot sampe SD. *sempet kelepasan bilangnya bukan ngedot, tapi ngetet*
  • Vienny: Ujian essay fisika dapet nilai 0, ternyata karena salah ngumpulin kertas coret-coretannya, kertas jawabannya malah gak dikumpul.
  • Natalia: Kayaknya gak pernah deh, aku kan cantik dari kelas 5 SD... *penonton nyorakin* Pernah deh, waktu dulu lagi main engklek, tiba-tiba ada bapak-bapak yang ngegendong, ternyata itu orang gila.
  • Lidya: Karena aku dulu gak secantik Natalia, jadi pernah ada kejadian memalukan. *penonton ketawa* Dulu aku kan jelek, giginya renggang, jadi kalo ngomong muncrat-muncrat, makanya gak berani ngomong sama cowok.
  • Rona (Ayen): Waktu SD kebelet pipis di kelas, tapi karena pelajarannya susah banget jadi ditahan sampe istirahat. Udah lari-lari ke toilet, ternyata dikunci semua, akhirnya ngompol deh. Jongkok sambil nangis di depan toilet dan ditolongin anak SMA.
  • Rachel: Jadi pemimpin paskibra, waktu kasih aba-aba "buka formasi!" suaranya melengking banget. Akhirnya selalu digodain temen-temen dengan suara melengking itu.
  • Thalia (Tata): Ngetawain orang yang jatuh. Eh akhirnya kena karma, jatuh juga dan diketawain sama orang itu.
  • Alicia (Acha): Lagi naik motor sama mama, jatuh sambil salto. Udah gitu gak langsung ditolongin oleh orang-orang sekitar karena dibilang nangisnya lucu.
  • Riskha (Ikha): Di FX bareng Rachel, liat ada orang mirip Hanna. Dipanggil kenceng-kenceng, tapi ternyata salah orang.

M05. Idol Nante Yobanaide (アイドルなんて呼ばないで); Jangan Panggil Aku Idol

Member: Yuvia, Nadila, Naomi, Kariin

Salah satu unit song favorit saya. Susah untuk mencapai level yang sama dengan pembawaan Acchan, Chiyuu, Miichan, dan Erepyon, tapi saya puas. Yupi itu luar biasa lucu, totally super adorable, apalagi dengan kostum yang berwarna merah terang :3 Pas banget deh jadi center di unit song ini. Naomi dan Kariin juga bagus pembawaannya, cuma Nadila yang masih kurang greget. Untuk backdancernya, gak begitu terkesan 'cheerleader' kayak aslinya, soalnya kostumnya walaupun warnanya sama putih tapi yang ini pake dress one-piece. Tapi gak masalah, mereka semua tetap bagus kok... ^_^

M06. Boku to Juliet to Jetcoaster (僕とジュリエットとジェットコースター); Aku, Juliet, dan Jetcoaster

Member: Rona, Natalia, Alicia

Wow Rona! Gak heran deh kalo dia dijuluki salah satu member terbaik gen 2. Saking bagusnya, saya selalu melihat ke dia, seakan-akan dua member yang lainnya hilang dari pandangan.

M07. Higurashi no Koi (ヒグラシノコイ); Cinta Jangkrik

Member: Thalia, Riskha

Unit song terlemah menurut saya. Tata dengan kostum putih (posisi Takamina) dan Ikha dengan kostum hitam (posisi Yuka) belum bisa membawa saya masuk ke lagu ini, mereka masih punya potensi yang bagus kok untuk lebih berkembang.

Saya lebih tertarik membahas tentang lirik lagu ini, karena ada sesuatu yang hilang dari terjemahan (lost in translation) ke bahasa Indonesia. Lagu ini berjudul "Cinta Jangkrik" karena menceritakan tentang penyanyi sebagai seekor jangkrik. Jangkrik jantan mengerik untuk menarik perhatian si betina. Lirik di reff lagu ini yaitu 私 カナ・カナ・カナ (watashi, kana kana kana) dan 一人 カナ・カナ・カナ (hitori, kana kana kana). Ada permainan kata-kata yang cerdas disini karena "kana" memiliki dua arti. "Kana" (かな) bisa berarti "mungkinkah?" dan "kanakana" (カナカナ) adalah suara jangkrik. Terjemahan lagu ini adalah "diriku, mungkin mungkin mungkin" dan "sendiri, mungkin mungkin mungkin." Sayang banget ya, pendengar lagunya dalam bahasa Indonesia jadi kurang bisa mengerti makna yang terkandung di lirik lagu aslinya, tapi saya bisa maklum sih karena hampir mustahil untuk menerjemahkan permainan kata-kata bahasa Jepang ke dalam bahasa lain :)

M08. Itoshisa no Defense (愛しさのdefense); Pertahanan Cinta

Member: Noella, Yona, Lidya

Saya udah duga, Yona akan dimasukin di unit song ini di posisi Sae. I see what you did there, JKT48 Operation Team, hahaha... Ketiga member menunjukkan kualitasnya dengan baik, feel 'cool' dari lagu ini kerasa banget.

M09. Himawari (向日葵); Bunga Matahari

Member: Vienny, Rachel, Hanna, Della

Reaksi pertama saya: Ya ampun, kostumnya keren abisss! Himawari di HG1 kostumnya standar cuma pake kemeja, kutang, dan bawahan jeans. Tapi disini kostumnya berubah total dengan rok lebar warna kuning cerah dihiasi bunga matahari, perubahan yang sangat bagus! ^_^ Vienny benar-benar mendominasi lagu ini. Err, gak cuma lagu ini sih, dia sebenernya juga udah keliatan banget kualitasnya jauh di atas member-member lainnya sejak lagu kedua.

MC2


Tema MC kedua yaitu tentang cinta sewaktu SD. Vienny bercerita bahwa dulu dia orangnya selalu pengen tahu (kepo), jadi sering mau tau hal-hal tentang teman-temannya. Ada satu orang cowok yang Vienny tanya-tanyain terus "suka sama siapa?", padahal udah disebutin semua nama cewek, tapi dia tetap gak ngaku. Ternyata beberapa hari kemudian cowok itu ngaku kalo dia suka sama Vienny. Member lain tanya, "terus kelanjutannya gimana?" dan Vienny menjawab "aku tolak lah, aku gak suka dia" disambut dengan teriakan dari penonton "woo sombong..." Kalo Hanna bilang dia dulu jelek, gak ada yang pernah suka. Tapi Rachel bilang walaupun dia item, pernah lho ada yang suka. Sayangnya waktu cowok itu mau nembak, dia lupa teks, jadi batal deh nembaknya.

M10. Takeuchisenpai (竹内先輩); Kakak Kelasku

Catatan: Terjemahan sesungguhnya dari judul lagu ini adalah "Kakak Takeuchi". Walaupun terjemahan resmi Indonesianya adalah "Kakak Kelasku", tapi sama seperti di HG1, setelah MC kedua selesai dan sebelum lagu dimulai, keempat member unit Himawari tetap meneriakkan "Takeuchisenpai!" sebelum 12 member lainnya masuk kembali ke panggung :)

Masih banyak yang blom tau chant disini, jadi saya berasanya ngaco sendirian, tapi ada sih beberapa penonton lain yang tau juga, haha... Silakan liat video di bawah ini untuk panduan chant Takeuchisenpai.


Salah satu lagu grup 48 dengan lirik yang 'berbahaya'. Walaupun begitu, gak terlalu banyak perubahan yang dilakukan. Lirik 竹内先輩 (Takeuchisenpai) diganti menjadi "dirimu kakak kelasku", lirik 東京の大学に (Toukyou no daigaku ni) di verse kedua diganti menjadi "ke universitas di Jakarta". Selain itu, "ticktack" yang terdapat di verse, dibaca sebagai ティクタク (ti-ku-ta-ku) pada versi aslinya, diubah menjadi "tik-tak-tik-tak" disini, tapi "ti-ku-ta-ku-ti-ku-tak" yang ada di pre-chorus tetap dibiarkan seperti aslinya. Kata-kata "love you", "love me", "hold me", "kiss me" juga dibiarkan sama, bagus deh... ^_^

Saya gak terlalu perhatiin pertunjukan masing-masing member, yang terpenting mereka bisa bikin penonton ceria di lagu ini. Lagu yang sangat menyenangkan, pokoknya nikmati aja.

M11. Sonna Konna Wake de (そんなこんなわけで); Dengan Berbagai Alasan


Member membuka jaket mereka dan berganti ke kostum tanpa lengan. Vienny terus membuat saya terkagum-kagum karena kualitasnya tetap stabil. Di saat member lainnya sudah cukup terkuras energinya, dia tetap memperlihatkan kemampuan yang sangat tinggi.

M12. Deja Vu (デジャビュ); Deja Vu


Beralih ke lagu dengan nuansa gelap. Para member melakukan dengan cukup baik, menurut saya masih agak kurang kompak pada gerakan sewaktu musik interlude dimana member harus menaikkan tangan ke atas dan memutar badan. Oh iya, saya baru sadar di show berikutnya kalau rok member yang aslinya berwarna kotak-kotak merah biru, di lagu ini berubah warna jadi hijau setelah tersorot sinar lampu, keren... :)

MC3


Tema MC ketiga ini adalah kapan pertama kali member jatuh cinta. Nadila bilang dia dari TK kecil udah jatuh cinta, sampe dia main nikah-nikahan sama temennya. Waktu giliran Yupi lagi cerita, dia bilang "aku juga  pernah jatuh cinta, soalnya kakak itu cantik" yang membuat penonton berpikir aneh-aneh, tapi langsung diralat sama dia, haha...

M13. Yuuhi wo Miteiru ka? (夕陽を見ているか?); Apakah Kamu Melihat Matahari Senja?


Selagi Yupi berbicara intro ke lagu ini, lampu sorot warna jingga menyala dari belakang member, seakan-akan member disinari matahari senja ^_^ Lagu terakhir yang easy-going, pembawaan member juga nyaman, karena mereka juga harus menyimpan tenaga untuk lagu selanjutnya, hehe...

E1. Lay down; Tidur


Oke, saatnya encore! Saat lampu dinyalakan, terlihat para member memakai baju bergaya punk dengan gaya angkuh mereka. Aduh tapi sayang banget platform lantai teater JKT48 ini gak bisa naik turun, karena member yang duduk di lantai gak bisa terlihat dari belakang :( Keren banget, semua member menghayati lagu ini dengan baik, termasuk koreografi acak-acak rambut ala Trio Macan, bikin penonton jadi panas... Jadi kalau penasaran seperti apa para gadis ini dengan image anak-anak berandalan, silakan langsung tonton show ini di teater karena saya yakin gak akan ditampilin di tv :D

MC4


Tema MC terakhir ini adalah cara merengek ke orang tua agar dibelikan sesuatu. Yang lucu waktu Lidya jadi orang tuanya, gak ada yang berani minta soalnya orang tuanya galak banget :D Dan tema untuk 8 orang member setelahnya yang sudah berganti kostum adalah "kalau kamu bisa ber-Hissatsu Teleport, akan pergi kemanakah kamu?" Jawaban yang paling menarik perhatian saya adalah Kariin yang mau masuk ke dunia game, lalu bertualang bersama seperti di ソードアート・オンライン (Sword Art Online). Rona bilang bahwa dia akan pergi ke ujung Monas biar bisa liat kemacetan dari atasnya, lalu bawa pulang emasnya, haha... Sedangkan Tata bilang mau naik balon seperti di Up.

E2. BINGO!; Bingo!


Kostum yang digunakan untuk kedua lagu terakhir ini juga sangat beda dari aslinya di HG1 yang cuma berupa kostum putih dan kain berwarna yang diikat di lengan kanan member. Kalo disini, kostumnya adalah dress yang full berwarna-warni, keren! Oh iya, di bawah saya kasih link video sebagai referensi chant di lagu ini :)


E3. Boku no Taiyou (僕の太陽); Matahari Milikku


Di lagu encore terakhir yang menjadi judul setlist ini, gerakan member sangat rapi dan saya gak melihat ada kesalahan. Setelah lagu selesai dan member mengucapkan terima kasih, pas lagi dadah-dadahan ke penonton, Rona dan Vienny tabrakan, haha... Dan setelah pertunjukan berakhir, Rachel mengumumkan bahwa hari ini akan dilakukan sesi handshake, yatta! Saya mendapatkan souvenir dari Rona (di show siang) dan dari Noella (di show malam) ^_^

Souvenir dari member setelah show JKT-KKS2 2013.06.06

Jujur saya kaget melihat pertunjukan para KKS JKT48 ini, karena jauh melebihi harapan saya. Beberapa dari mereka bahkan memiliki kualitas yang lebih baik dari member Team J. Ratingnya 8/10, bener-bener puas deh saya... ^_^

Show 16:00


Keluar dari teater, saya langsung antri lagi beli tiket untuk show malam. Saya dapat nomor bingo hijau 12 yang sama persis dengan nomor bingo saya di show siang tadi >_< Berharap bisa dipanggil awal, tapi ternyata sama aja dipanggilnya pas pertengahan juga, haha... Oh iya, untuk show malam, tangan yang distempel adalah tangan kiri (kalo show siang tangan kanan) biar penonton show siang yang gak berhak gak bisa masuk teater dengan membeli tiket dari orang lain. Sebelum show dimulai, saya sholat dzuhur & ashar dulu, agak takut juga stempelnya luntur kena air karena memang gak keliatan, tapi ternyata masih menyala kok tintanya pas pemeriksaan :)

Untuk pertunjukan malam ini, saya hanya akan tuliskan sesi MCnya karena lagu-lagunya sudah saya bahas dengan lengkap di atas. Kageana show malam adalah Della.

MC1


"Kalau kamu bisa bikin sekolah kursus, kamu mau bikin kursus tentang apa?"
  • Nadila: Kursus nyanyi lagu romantis.
  • Kariin: Kursus main game online, bikin warnet dengan nama Pikanet.
  • Yuvia: (sebelum Yupi ngomong, penonton bilang "kursus tawuran!") Nggak iih... *dengan muka sangat polos* Mau bikin kursus goyang poni dan kursus cara menggunakan karung dengan benar, tapi jangan dipake buat nyulik ya... (I was like WTF? o_O)
  • Noella: Kursus gambar, tapi yang ngajarin Kak Viviyona.
  • Naomi: Kursus anti galau, dengan cara datang ke Teater JKT48.
  • Della: Kursus bahasa Inggris.
  • Yona: Kursus anti kangen.
  • Hanna: Kursus cara melupakan mantan dalam satu hari, dengan cara minum air deterjen *krik krik* (sumpah deh garing abis ¬_¬)
  • Vienny: Kursus baca tulis untuk anak kecil. (bukannya itu fungsinya sekolah ya? Haha...)
  • Natalia: Kursus mendewasakan diri.
  • Lidya: Kursus mengganti ID di telepon dengan cepat.
  • Rona: Kursus anti tua, caranya dengan cari pacar yang lebih muda. Sama kursus bahasa Jawa.
  • Rachel: Kursus main gitar.
  • Thalia: Kursus bahasa Mandarin. (Acha bilang "itu tujuannya biar tawar menawar lebih gampang ya?") *penonton ketawa*
  • Alicia: Kursus anti merokok.
  • Riskha: Kursus melupakan masa lalu.
Karena 5 member di baris terakhir terlalu cepat MC nya padahal member-member di backstage masih belum selesai ganti baju, maka mereka 'dipaksa' untuk melanjutkan MC dengan topik lain. Ikha ngetroll penonton, kalau kalian gak dapet tiket teater pasti pada galau kan? Penonton pada teriak "nggaaak!" Dilanjutkan dengan teater kayak gimana sih yang jadi impian member. Acha pengen teater di bawah laut, Rona mau punya teater segede Gelora Bung Karno, Rachel mau teater di outdoor, sedangkan Tata mau teater yang penontonnya duduk lesehan.

MC2


Tema MC ini tentang pengalaman yang seru bareng member lain. Vienny pernah nonton di bioskop bareng Yupi, kayak bawa anak kecil, kebanyakan komentar, trus tiba-tiba nangis sendiri. Waktu di Jepang, karena koneksi internetnya cepet banget, Hanna & Rachel keasikan telpon-telponan pake LINE sampe jam 2 pagi. Akhirnya paginya telat bangun, dan Hanna gak mandi deh... Masih di Jepang juga, Della sekamar sama Uty (Dwi Putri), mereka gak ada yang bisa nyalain shower karena gak ngerti pencetannya. Terpaksa deh mandinya pake kran, hahaha...

MC3


Tema MC ini yaitu resepsi pernikahan impian. Tata mau nikah dengan garden party. Kalo Yupi terserah cowoknya aja deh. Hanna gak ada impian menikah, soalnya dia mau jadi biarawati. Nadila mau pake dangdutan 7 hari 7 malem, sekalian klarifikasi dia bukan "ratu PHP", kecuali kalo kepanjangannya PHP adalah Pemilik Hati PaoPao -_-

MC4


Tema MC ini yaitu masalah di keluarga. Kalo Yona, justru dia yang suka cari masalah di keluarganya. Pas adenya lagi main komputer dia tendang-tendangin, WTFLOL iya jelas lah adenya marah XD Kalo Naomi dengan Sinka sih akur-akur aja. Vienny kasih tau kalo dia punya adik cowok bernama Vidi. Berarti adenya lagi namanya Vici kah? :P Noella juga sekalian mau kasih tau di kesempatan ini kalo nama adik dia tuh bukan Brotherino, katanya "pada sok tau semua sih masa gara-gara kakaknya bernama Sisterina adenya jadi Brotherino", hahaha...

Dan tema untuk 8 member terakhir adalah barang yang akan dibawa kalo liburan. Sebelum Yupi ngomong, penonton udah pada teriak "bawa karung!" yang dijawab dengan sangat lugunya oleh Yupi "iya deh aku bawa karung..." XD Acha mau bawa sekop dan ember buat main pasir. Nadila mau bawa kamu, kata member lain "ternyata terbukti kan kamu memang ratu PHP". Paling aneh jawabannya Hanna, mau bawa menantu buat ditunjukin ke mama, lah tadi bilangnya mau jadi biarawati? Hahaha...

Member favorit


Setelah menonton kedua show tersebut, saya jadi cukup tahu kemampuan para KKS JKT48 ini, dan lumayan banyak member yang saya kagumi disini. Yupi, cara bicaranya yang sangat lugu seperti anak kecil membuat saya "HNNGGG" tiap dia MC. Walaupun sama-sama imut seperti Cindy, tapi Yupi adalah kebalikan totalnya. Cindy pada MC pembawaannya dewasa, sedangnkan Yupi benar-benar polos, anak-anak banget deh :3 

Rona dengan badannya yang kecil, gerakannya sangat lincah dan enerjik. Bisa dibilang salah satu member terbaik di JKT48. Saya agak bingung panggilannya Rona sewaktu namecall, karena suara penonton terpecah dua, yang memanggil Rona dan setengahnya lagi memanggil Ayen, haha...

Kariin, menurut saya member yang underrated di KKS. Sama kayak Delima, dia gak terlihat menonjol di atas panggung, tapi kalo dilihat secara individu skillnya sangat bagus. Yang bikin saya kaget, ternyata dia gamer ya? Haha beneran saya baru tau lho pas nonton, ini jadi nilai plus banget deh. Cewek gamer = kereeennn! ^_^

Della, MC terbaik. Kebanyakan KKS JKT48 gak terlalu menarik dan datar saat bercerita, tapi Della bisa 'break the ice' dan membuka topik lain agar tidak membosankan. Gak cuma pas MC, tapi penampilannya pun saya bilang juga memuaskan.

Noella, top banget terutama sebagai center unit song Itoshisa no Defense.

Tapi dari mereka semua, juaranya adalah Vienny. Bagi saya, gak ada yang bisa menandingi auranya saat tampil di atas panggung. Beneran deh, seakan-akan mata saya terus tertuju kepada dia. Terus tingkatkan kemampuan kalian! Team J, jangan terlalu santai hanya karena kalian lebih awal menjadi member, dengan peningkatan kualitas KKS yang secepat ini, kalian pasti akan tersaingi oleh para adik kelas dari generasi 2 ini :)

Penutup: Lirik lagu JKT48


Sebagai penutup, saya mau kasih tau salah satu alasan mengapa saya sangat menyukai J-pop atau lagu Jepang secara keseluruhan, yaitu karena kekayaan lirik (sangat bervariasi) dan juga maknanya. Makanya saya merasa gimana gitu kalo ada terjemahan ke bahasa Indonesia yang kurang pas... Tapi secara keseluruhan, saya sangat puas dengan hasil terjemahan dari JKT48 Operation Team ini.

Ada beberapa terjemahan yang mengubah kata-kata aslinya. Contohnya pada lagu Two years later, lirik 誰もいない教会の中へ (dare mo inai kyoukai no naka e, ke dalam gereja tanpa orang) diterjemahkan menjadi "ke dalam tempat yang tak berpenghuni" mengubah kata "gereja" mungkin tujuannya agar para 'warga mayoritas' di negara ini gak protes ada kata-kata dari agama lain :P Play safe, saya bisa ngerti alasannya.

Beberapa terjemahan juga diubah agar bisa pas dengan suku kata aslinya. Contohnya di lagu Gomen ne, Summer, lirik 白いかもめたちが空を回って (shiroi kamometachi ga sora wo mawatte; burung camar putih mengelilingi langit) diterjemahkan menjadi "burung layang-layang putih mengelilingi langit", walaupun sebenernya bisa juga sih dibikin jadi "burung-burung camar putih mengelilingi langit" karena ada kata たち disitu yang menandakan plural/banyak, hehe...

Ada juga kata-kata Jepang yang gak mungkin bisa diterjemahkan, seperti di lagu Tsundere, ツンツン (tsuntsun), デレデレ (deredere), dan ツンデレ (tsundere) dibiarkan seperti aslinya. Penjelasannya bisa dilihat di tulisan saya tentang review J1. Begitu pula kata てもでも (temodemo) di Temodemo no Namida, karena ini adalah kata buatan yang terbentuk dari gabungan akhir dari 2 bait pertama di reff, こんなに会いたくても こんなに好きでも (konna ni aitakutemo, konna ni suki demo) dan どんなに悲しくても どんなにだめでも (donna ni kanashikutemo, donna ni dame demo).

Yang bikin saya senang, dua masalah yang pernah saya kemukakan di tulisan sebelumnya ternyata benar-benar diperbaiki oleh JKT48 Operation Team! Yang pertama tentang perbedaan nada (off-note) di bait reff pertama Oogoe Diamond, bisa dilihat bedanya di video-video awal waktu JKT48 perform lagu ini, contohnya di menit 1:16 video ini. Waktu saya dengarkan versi rekaman di CD Heavy Rotation, ternyata nadanya sudah diubah jadi benar. Selain itu, pas saya lihat lirik J1 sudah dipublish di situs resmi mereka, di lirik JKT Sanjou! reff yang sebelumnya adalah "we are JKT!" diubah jadi "kami adalah JKT!" ^_^ Wow, saya jadi penasaran apakah JKT48 Operation Team pernah baca blog saya sebelumnya? Saya pastinya senang banget ya bisa membantu, soalnya menurut saya kemampuan bahasa Jepang saya masih terbilang buruk, dulu pernah coba ikut JLPT level 4 aja gak lulus, ahaha... :P

Terima kasih telah membaca review saya kali ini. Saya udah bikin file excel yang berisi seluruh lirik JKT48 termasuk lirik asli dan romajinya. Silakan unduh disini, file ini akan saya update terus setiap JKT48 memiliki lagu coveran baru :P Oh iya, untuk lirik lagu-lagu dari JKT48 KKS 2nd Stage saya belum masukkan, karena saya menunggu lirik resminya dipublish dulu di situs resmi JKT48. Sampai jumpa pada kesempatan selanjutnya di Teater JKT48, dadaahhh! \^_^

No comments:

Post a Comment