Kemarin saya udah tulis sekilas tentang kegiatan saya seharian di kor 11 waktu tanggal peluncuran, termasuk tentang peluncuran park & ride vertikal Ragunan yang menurut saya gak bakal laku soalnya tarifnya per jam, sama headway di hari pertama yang mencapai 80 menit karena traja yang dioperasiin di kor 11 cuma ada 2.
Jalur
Seperti biasa saya mulai bahas dari kondisi jalur. Dari Stasiun Jatinegara 2, saya naik traja ke-2 di belakang traja yang dinaiki Bang Kumis. Jam 07:38, traja yang saya naiki berangkat menuju Walikota Jakarta Timur. Sesuai prediksi, perjalanan sangat lancar karena jalur dijaga penuh sama petugas Dishub, polisi, satgas, dan satpol PP. Walaupun TL menyala merah, traja tetep bisa melintas soalnya di tiap persimpangan, arus lalu lintas dari arah lain pasti distop. Kita sampai di Walikota JakTim jam 07:59, cuma butuh 21 menit waktu tempuhnya.
Ada Foke, dikondisikan dong... |
FYI, kebetulan saya dulu juga ikut peresmian kor 8 dan kor 9-10. Pokoknya setiap Bang Kumis ini naik traja, pasti jalur selalu dijaga ketat. Wajar lah ya kalo dia taunya operasional traja selalu lancar, orang selalu 'dikondisikan', haha...
Jalur kor 11 seluruhnya gak ada pagar pembatas di median |
Di perjalanan, beberapa kali saya liat traja saya hampir menabrak penyebrang jalan liar. Hmm, sebenernya saya gak bisa bilang liar juga sih, soalnya di sepanjang jalur kor 11 sama sekali gak ada pagar pembatas di median, gak ada sama sekali zebra cross, dan jarak antara JPO juga cukup jauh. Penting banget buat bikin pagar pembatas di median, kalo gak orang-orang bisa bebas nyebrang dimana aja.
Dimana pejalan kaki harus berjalan? |
Trus di beberapa ruas Jl Ngurah Rai, saya liat pelebaran jalannya sangat gak merhatiin kondisi trotoar buat pejalan kaki, terutama di sisi utaranya. Bisa diliat dari batu trotoar yang berserakan, tanah bekas urukan belepotan dimana-mana, gak nyaman banget buat pejalan kaki yang melintas disini.
Perjalanan baliknya dari Walikota JakTim ke Kampung Melayu, Bang Kumis gak ikut naik traja lagi soalnya dia langsung dijemput pake mobilnya. Dan sesuai prediksi, penjagaan di jalur kembali normal (baca: tidak ada penjagaan). Kendaraan non-traja bebas masuk jalur busway tanpa rasa takut... :P
Gak ada Foke, jalur kembali diserobot... :P |
Untuk arah menuju ke Kp Melayu, hambatan terbesar ada di daerah mix traffic yang sangat panjang dari Penggilingan sampai TL Cipinang. Waktu tempuh dari Stasiun Klender sampai Imigrasi Jakarta Timur yaitu 17 menit (10:36-10:53). Padahal kemarin itu diluar peak hour, dan lalu lintas juga relatif sepi soalnya banyak yang udah ke luar kota. Saya gak ngebayangin waktu tempuh kor 11 arah Kp Melayu pas peak pagi. Makanya saya bingung banget, kenapa bukan jalur yang mengarah Kp Melayu yang dibuat separator, malah arah sebaliknya? Soalnya penumpang lebih butuh waktu tempuh yang cepat untuk pergi ke pusat kota (tempat kerja) daripada ke pinggir kota (rumah). Apalagi kor 11 sebagian besar paralel sama KRL Bekasi, bisa-bisa kor 11 di peak pagi sepi penumpang...
Selain mix traffic, hambatan lain di jalur berupa TL atau u-turn jumlahnya gak begitu banyak. Durasi TLnya juga bagus... Mungkin yang perlu diwaspadai di Penggilingan, disini motor-motor dari arah Walikota JakTim yang mau belok kanan ke arah Cakung banyak yang puter balik nerobos median jalan.
Halte
Saya masuk ke halte Sta Jatinegara 2 dari halte Pasar Jatinegara (kor 5) dengan nyebrangin SWPA. Karena keterbatasan tempat, akses SWPA Sta Jatinegara ini menggunakan tangga, yang berarti udah bertolak belakang dengan janji aksesibilitas terhadap pengguna kursi roda.
Ticketing halte Stasiun Jatinegara 2 |
Seperti yang udah saya bahas di preview, halte-halte kor 11 ini ukurannya jauh lebih besar dan lebih tinggi dari halte-halte kor 1-10. Yang saya perhatiin pertama pas masuk ke halte, saya suka banget sama penerangan didalem haltenya yang pake lampu neon panjang, bukan lampu model bulb lagi. Ticketing juga desainnya lebih modern, dilapis pake kaca yang tembus panjang, dan celah buat bertransaksi juga sangat lebar yang pastinya nyaman buat penumpang dan juga petugas loket :)
Karena keterbatasan lebar median jalan, 13 dari 14 halte kor 11 desain ticketingnya melayang. Kondisi ini rawan banget memungkinkan penumpang gratisan yang bisa masuk ke halte langsung nyebrangin jalan dan gak ketauan sama ticketing, apalagi lebar jalan yang dilewatin kor 11 cukup sempit. Makanya pintu halte mesti selalu ditutup biar orang mikir-mikir lagi kalo mau masuk halte gratisan. Tapi walaupun dengan lebar halte yang sempit, kondisi di halte gak pengap walaupun pintu tertutup, soalnya desain halte yang terbuka dan di atap nya juga ada celah ventilasi.
Yang mengecewakan yaitu minimnya tempat duduk di halte. Tempat duduk penumpang di halte cuma tersedia di dekat ticketing (kecuali untuk halte Walikota JakTim yang nanti akan saya bahas khusus soalnya halte ini agak 'spesial'). Modelnya pun aneh, cuma berupa 2 baja paralel dengan bentuk U terbalik. Pernah liat portal kuning untuk nutup jalur busway yang baru-baru ini dibuat di kor 1-10? Nah desain tempat duduknya sama persis dengan desain tempat duduk warna kuning buat tempat duduk satgas yang bertugas buka/tutup portal...
Beralih ke signage, hal yang sangat penting sebagai informasi buat para penumpang di halte. Saya suka deh sama desain signagenya yang memakai neon box, trus di atas pintu halte juga ada peta jalur. Signage model baru ini juga dipasang lho di halte Kp Melayu, padahal biasanya halte existing gak ada perubahan walopun ada koridor baru diluncurkan. Tapi jangan seneng dulu, karena informasi-informasi yang ditulis di signage tersebut sebagian besar ngaco!
Peta ngaco |
Saya mulai dari peta rute jaringan transjakarta yang dipasang di depan ticketing halte. Silakan diliat sendiri fotonya, saya gak perlu jelasin satu-satu kesalahannya ada dimana. Gak usah deh liat rute kor 11 nya, buat rute koridor yang udah ada aja (yang padahal tinggal copy & paste) ngaco banget! Sejak kapan kor 8 lewatin Taman Kota? Kor 3 lewat Sawah Besar, emang sekarang masih tahun 2006 ya? Kor 7 dari Harapan Bunda langsung masuk Kp Rambutan? Rute kor 11 juga fatal kesalahannya, halte Sta Jatinegara 2 gak nyambung sama halte Ps Jatinegara, udah gitu posisi halte RS Premier juga gak nyambung sama kor 5. Ckckck... Maaf bukannya saya mau nyombong nih, saya yang cuma orang biasa dan gak punya sama sekali latar belakang transportasi bisa bikin peta yang akurat. Tapi Dishub yang sehari-harinya kerja di bidang transportasi kok hasil pekerjaannya begini?
Peta rute kor 11 di halte Walikota Jakarta Timur |
Itu baru peta, signagenya juga sama parahnya. Signage di atas pintu halte kor 11, tertulis kor 11 lewat halte Ps Jatinegara. Udah gitu yang lebih parah lagi, halte ini juga dimasukin kedalam info halte traja kor 11 kayak yang Pak David bilang. Karena info haltenya otomatis menyala pas traja lewatin koordinat suatu daerah (menggunakan GPS), jadi pas traja posisinya dekat halte Ps Jatinegara, langsung deh bunyi "Anda memasuki pemberhentian halte Pasar Jatinegara", padahal traja kor 11 gak berhenti disitu. Mengenai info halte berbasis GPS ini akan saya jelasin nanti di ulasan traja kor 11.
Peta rute di Kampung Melayu, pintu sisi barat |
Signage diatas pintu halte Kp Melayu sisi barat (yang dilalui rute PGC-Ancol & Cililitan-Harmoni) juga ngaco. Disitu tertulisnya malah rute kor 5, bukan rute PGC-Ancol/Harmoni. Ini bakalan bikin bingung penumpang, karena traja PGC-Ancol kan gak berhenti di halte Senen Sentral. Trus halte Pal Putih juga entah ilang kemana, gak tercantum disitu.
Signage ngaco
Di halte Sta Jatinegara 2, signage untuk halte ke arah Kp Melayu bertuliskan nama komersil: Jatinegara RS Premier-BCA Syariah o_O Trus di halte Flyover Jatinegara, petunjuk transfer ke kor 10 bertuliskan rute Pinang Ranti-PGC. Udah berubah ya sekarang rute kor 10?
Lantai semen yang kusam |
Seperti yang saya tulis di preview, lantai halte gak lagi menggunakan plat baja, tapi berbahan semen. Kesan saya, lantai halte ini keliatannya kusam banget dan kotor, mana finishingnya juga gak rapi. Lantai semen ini juga akan susah dibersihin dengan cara dipel, paling banter cuma disapu...
>_<
Blind tile (petunjuk jalan bagi para tunanetra) yang jadi 'keunggulan' halte-halte kor 11 juga ngasal banget bikinnya, akibatnya jadi kurang berfungsi... Selain sarana penyeberangan yang memakai tangga (bukan ramp), banyak dari blind tile yang udah gak menonjol lagi. Ada juga blind tile yang ketimpa sama dinding/pintu halte. Di halte FO Jatinegara, blind tilenya rutenya malah muter-muter gak jelas, bukannya langsung mengarah ke pintu... Menurut saya, konsep pembangunan halte-halte kor 11 ini lumayan bagus, tapi pengerjaannya asal-asalan. Saya bahkan sempet liat ada halte yang kusen dengan fondasi temboknya gak rapat, jadi celahnya disumpel pake busa... >_<
Halte Stasiun Jatinegara tanpa adanya ticketing |
Kemarin saya juga udah cerita bahwa halte Sta Jatinegara (kor 10) belum bisa dipakai karena masih dikunci. Ada satu hal yang menarik, bahwa halte Sta Jatinegara (kor 10) ini ticketingnya dibongkar, jadi halte ini gak punya ticketing. Masalahnya tangga yang mengarah dari trotoar di kolong FO Jatinegara gak ikut dibongkar. Akibatnya kalo disini gak dijaga, penumpang bisa bebas masuk tanpa beli tiket dengan lewat akses tangga lama ini.
Halte Walikota Jakarta Timur
Kolam ikan di tengah halte Walikota Jakarta Timur |
Mushola dan toilet di halte Walikota Jakarta Timur
Nah yang bener-bener baru adalah mushola. Saya udah pake buat sholat, lumayan nyaman kok, asal airnya jangan mati aja kayak di halte-halte lainnya :P Toilet ada 2, toilet biasa dan toilet untuk penyandang kursi roda. Didalem toilet bagi penyandang kursi roda ini ada tiang pegangan di temboknya. Sayangnya, kedua toilet inidikunci, dan kita mesti minta kuncinya dulu ke supervisor halte biar bisa masuk... Oh ya, ada satu urinoir yang letaknya di sebelah tempat wudhu, jadi cowok gak perlu masuk toilet kalo mau pipis. Tapi rada jorok, karena di pojokan urinoir itu dijadiin tempat penyimpanan alat-alat kebersihan :(
Halte dengan aliran udara paling sejuk
Spesifikasi halte Walikota JakTim juga berbeda dengan 13 halte kor 11 lain. Sarana penyeberangan disini berupa ramp. Lantai halte Walikota JakTim dicat putih dan mengkilap, sehingga bisa gampang dipel, beda sama halte-halte lainnya yang lantainya kumuh. Disini juga dipasang kipas angin yang menyemburkan uap, dan kaca panjang di halte juga bisa dibuka (semacem kaca nako) agar aliran udara di halte lebih bagus. Tapi menurut saya kipas yang ada di sisi halte arah Pulogebang agak mubazir, soalnya gak ada penumpang yang antri disitu...
Disini juga dipasang pembatas antrian dari bahan baja yang sama dengan pembatas pintu halte. Saya liat di halte Flyover Klender juga tersedia pembatas antrian ini. Yang jadi masalah, gimana para penyandang kursi roda bisa masuk kedalam traja dengan lebar pembatas yang gak memungkinkan ini? Apalagi pembatas ini sifatnya tetap (non-removable)...
Operasional
Seperti yang saya tulis sebelumnya, pada hari pertama kor 11 dioperasikan dengan 3 traja DMR, tapi yang 1 pintunya rusak dan gak bisa dipake. Akibatnya headway molor sampe 80 menit di halte awal, dan traja TMB diperbantukan ke kor 11.
Dan yang menurut saya paling kacau adalah pengaturan dari BLU bahwa halte Jatinegara RS Premier hanya dipakai sebagai halte khusus kor 11, seperti yang udah dijelasin Aan. Kor 5, rute Ancol-PGC, dan rute Harmoni-PGC gak bisa berhenti disini, bener-bener mubazir! Padahal halte ini bisa dipakai buat penumpang kor 11 yang mau transfer ke arah PGC. Selain itu penumpang yang naik traja Ancol/Harmoni-PGC dan mau turun di Kampung Melayu bisa turun disini, karena gak perlu nungguin kor 5 dan jaraknya juga gak jauh dengan jalan kaki. Oh iya, sebelum ada yang komentar "kan bisa transit di FO Jatinegara", saya mau tanya mendingan mana nungguin headway kor 10 sama nungguin headway traja Ancol/Harmoni-PGC? Lagian, kalo ada penumpang yang naik dari RS Premier mau mengarah ke Ancol/PGC, apa dia harus naik kor 11 yang headwaynya gak jelas itu buat transit di Kp Melayu?!
Jadi kesimpulannya, setelah melihat pengoperasian kor 11 ini, masih adakah yang bilang kalo pengoperasian ini gak dipaksakan? ;)
Bonus
Setelah berakhir acara peresmian kor 11 kemarin di kantor Walikota JakTim, kita dibagikan peta jalur busway/KRL dan juga peta feeder busway yang dibuat oleh Dishub. Tapi, situs Unit Pengelola Transjakarta (BLU) disitu malah tertulis alamat situs STJ (www.suaratransjakarta.org)! Berarti situs kita dianggap situs resmi? Mungkin karena situs kita lebih lengkap dan lebih informatif dari situs resmi BLU? Hehe... :P
Pantes traffic situs STJ melonjak signifikan, ternyata gara-gara ini toh... |
Bukan pertama kali sih ini terjadi, orang-orang juga sering banget menyangka akun twitter kita @infobusway adalah twitter resmi BLU. Detik aja pernah ketipu, hehe... Wajar sih, soalnya akun twitter @BLUTransJakarta jarang diupdate, kalo @infobusway selalu update tiap ada kejadian.
Hmm, jadi kerjaannya Humas BLU itu apa ya? Publikasi kor 11 nggak, update situs web & twitter nggak, mantau milis ini juga nggak... Pasang pengumuman di halte aja asal-asalan, contohnya pas halte Kuningan Barat arah Pinang Ranti ditutup, ditempel pengumuman bahwa penumpang bisa transit di halte Jamsostek & Tegal Parang. Yang akhirnya keesokan harinya diralat dengan cara tulis tangan, diganti dengan Semanggi & Pancoran Tugu, hahaha... Padahal mereka digaji kan, tapi kok hasil kerjaannya gak lebih bagus daripada kita yang sukarela... -_-
No comments:
Post a Comment