October 7, 2011

First impression: HUNTER×HUNTER (2011)



Saya sebenernya gak terlalu suka sama serial anime never-ending shounen kayak NARUTO -ナルト-, BLEACH, atau ONE PIECE. Tapi entah kenapa, saya suka banget sama HUNTER×HUNTER (Hantaa Hantaa). Serial manga/anime buatan 冨樫義博 (Yoshihiro Togashi) ini mengisahkan tentang petualangan seorang anak bernama ゴン=フリークス (Gon Freecss) yang bercita-cita menjadi seorang Hunter. Serial anime ini juga lumayan terkenal disini, soalnya dulu sempet tayang di televisi Indonesia, dan saya selalu nonton tiap pulang sekolah.

Sayangnya setelah berjalan 62 episode anime ditambah 30 episode yang terdapat di 3 OVA, anime HUNTER×HUNTER gak dilanjutin lagi, dari pertama tayang 1999 sampai dengan 2004. Mungkin karena progress manganya juga agak lambat, sampe sekarang pun serial manganya masih berjalan. Terakhir animenya stop di bagian G・I Final.

Gambar promosi untuk anime HUNTER×HUNTER (2011). Dari kiri ke kanan: Kurapika, Gon, Leorio, dan Killua.
©冨樫義博・VAP・日本テレビ・集英社・マッドハウス

Sampai akhirnya pada tahun 2011 ini, anime HUNTER×HUNTER diremake dan direboot kembali dari awal... Studio animasi yang membuat remake anime ini yaitu マッドハウス (MADHOUSE). Episode pertama tayang di 日本テレビ (NTV) pada tanggal 2 Oktober 2011 setiap hari Minggu jam 10:55-11:25. Saya sebagai penggemar anime HUNTER×HUNTER pasti lah antusias banget. Semoga bisa cepet tamat manganya, animenya juga jangan sampe vakum lagi kayak tahun 2004. Malah kalo bisa, kayak 鋼の錬金術師 (Hagane no Renkinjutsushi, Fullmetal Alchemist) yang manga dan animenya tamat di saat yang bersamaan ^_^

Yay! Akhirnya Gon kembali! ^_^

Pacing cerita untuk remake HUNTER×HUNTER ini sangat dipercepat. Kira-kira untuk episode 1 baru ini, merupakan gabungan dari 3 episode awal di anime lama. Gak apa-apa sih, soalnya fans lama pasti udah tau jalan ceritanya, tapi juga gak mengurangi inti cerita bagi fans baru. Episode 1 baru ini menceritakan perjalanan Gon dari rumahnya di くじら島 (Kujiratou, Pulau Paus) menuju ke tempat pendaftaran Hunter. Di perjalanannya, Gon bertemu dengan クラピカ (Kurapika) dan レオリオ (Leorio). Saya gak begitu inget episode 1 lama, tapi kayaknya sih setting pas pertama kali Gon ketemu Kurapika dan Leorio rada beda...

Lagu openingnya yaitu departure! oleh 小野正利 (Masatoshi Ono), dan lagu endingnya yaitu Just Awake oleh Fear, and Loathing in Las Vegas. Openingnya lumayan bagus, tapi menurut saya masih jauh lebih bagus おはよう。 (Ohayou) oleh Keno. Ohayou bener-bener salah satu opening yang sempurna menurut saya, susah ada yang bisa nandingin... Untuk endingnya, WTF? o_O Gile bener, kenapa ada lagu hardcore di anime shounen gini? Parah, gak cocok banget... Tapi harus saya akui, saya suka sama animasi endingnya, nuansanya gelap, tapi lagunya kenapa mesti begini?! T_T

Animasi endingnya keren sih... Tapi lagunya itu lho, aduuuhhh...

Yang jelas, saya puas banget nonton remake HUNTER×HUNTER ini. Animasinya bagus banget, wajar lah soalnya yang bikin MADHOUSE. Selain itu, ada faktor nostalgia yang besar banget karena ini salah satu anime favorit saya waktu jaman SMA. Gak sabar nunggu kelanjutannya! ^_^

No comments:

Post a Comment