November 22, 2015

Masalah album art buram di aplikasi Music pada ponsel Android Sony

Jadi orang OCD itu gak gampang, apalagi kayak saya yang maunya apa-apa serba teratur. Salah satu hal yang saya banggakan (?) adalah saya selalu menge-tag semua file musik di komputer saya dengan benar walaupun saya mesti ngubek-ubek internet dulu sampe ketemu informasi resmi file musiknya.

Seperti biasa, abis dapet lagu-lagu baru, saya copy lagu-lagu yang saya suka ke ponsel. Akhir-akhir ini banyak lagu yang saya copy kok album artnya buram/blurry. Saya sebenernya udah lama sadar kalo sebagian lagu di ponsel saya album artnya buram dan saya awalnya gak begitu permasalahin, sampai pada beberapa minggu terakhir ini album art dari 90% lagu yang saya copy jadi buram. Masalahnya kalo lagi denger musik, album artnya kan ditampilin sebagai lock screen, saya ngeliat gambar yang buram dan pecah di ponsel saya bikin urat OCD saya mau putus, hahaha...

Contoh album art yang buram/blurry di aplikasi Music (kiri) dan di lock screen (kanan)

Contoh album art yang gak buram

Pertama, saya coba bandingin detail album art yang buram dan yang gak buram (pada masing-masing file aslinya). Saya sampai berjam-jam coba edit file album art yang diembed di filenya, dan tetep aja gak berhasil. Akhirnya saya cari-cari di internet, dan saya dapet inti permasalahannya.

Sekedar informasi kalau saya pakai Xperia Z3 Compact (saat tulisan ini ditulis, detailnya: Android 5.1.1 build 23.4.A.1.232 dengan aplikasi Music versi 9.0.5.A.0.0), jadi saya gak tau apakah masalah ini spesifik di ponsel Sony atau di semua Android. Jadi, aplikasi Music akan memperkecil ukuran dimensi album art yang lebih besar dari 600×600 piksel menjadi file JPG berkualitas rendah. Terjawab sudah pertanyaan kenapa banyak album art saya yang buram, karena saya akhir-akhir ini memang banyak meng-embed album art beresolusi tinggi.

Kemudian dengan terpaksa saya mulai ganti satu-satu album art di lagu-lagu saya jadi maksimal berukuran 600×600 piksel, lalu saya copy ke ponsel. Ternyata album artnya tetap gak berubah, masih tetep burem, WTF! Setelah cari-cari lagi di internet, akhirnya saya tahu bahwa setelah suatu lagu diputar di aplikasi Music, album artnya akan tersimpan sebagai cache. Cache inilah yang akan ditampilkan sebagai album art apabila ada lagu dari album dengan nama yang sama diputar. Intinya, karena album art kualitas rendah udah disimpan di cache, aplikasi akan menggunakan album art kualitas rendah ini dan bukannya mengambil dari album art yang di-embed di masing-masing file.

Solusinya, "force close" aplikasi Music, lalu hapus semua file yang tersimpan di cache yang lokasinya ada di folder /Android/data/com.android.providers.media/albumthumbs. Setelah saya buka kembali aplikasi Music, album artnya akan kembali jernih seperti aslinya yang di-embed ^_^

Langkah-langkah (tl;dr version):
1. Pastikan album art yang di-embed pada file musik berukuran dimensi maksimal 600×600 piksel.
2. "Force close" aplikasi Music, kalo bisa sekalian "clear all data" dan "clear cache" buat jaga-jaga.
3. Hapus semua file di dalam folder /Android/data/com.android.providers.media/albumthumbs.
4. ???
5. PROFIT!!!

Setelah diperbaiki

No comments:

Post a Comment